gordang dari kulit hewan

Alat Musik Yang Terbuat Dari Kulit Hewan

Mungkin zaman sekarang alat musik tradisional sudah mulai tersingkirkan dengan adanya alat musik modern. Namun sebagai bangsa Indonesia kita mempunyai berbagai macam suku, bangsa dan bahasa. Itu juga mempengaruhi timbulnya berbagai jenis alat musik di Indonesia. Baik terbuat dari tumbuhan maupun dari hewan. Bagian hewan yang sering digunakan adalah bagian kulit. Saya akan memberitahukan beberapa alat musik yang terbuat dari kulit hewan.

Inilah di antaranya :

1. Gendang

gendang dari kulit hewan

Gendang adalah jenis alat musik pukul dalam kelompok genderang yang paling dikenal di muka bumi. Alat musik ini dibuat dari kulit binatang yang diregangkan pada mulut tabung kayu dengan berbagai variasi bentuk dan juga ukuran.

Setiap bangsa sejak Afrika sampai Asia Timur dan benua Amerika, dapat dikatakan memiliki gendang dengan bentuk, bunyi, kegunaan, dan nama tersendiri. Menurut sejarah, gendang sudah dimainkan di Cina sejak 3000 tahun yang lalu untuk ritual sembahyang atau dalam nyanyian, tarian, perang, penggembalaan hewan, tanda waktu, dan alarm.

2. Rapai

rapai dari kulit hewan

Rapai merupakan alat musik tradisional dari aceh yang hampir sama dengan gendang. Namun yang membedakannya cara memainkannya. Rampai sering dimainkan secara berkelompok dan juga secara digantung.

3. Bedug

bedug dari kulit hewan

Bedug adalah alatmusik tabuh seperti gendang namun berukuran besar. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alatkomunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu shalat atau sembahyang.

4. Tifa

tifa dari kulit hewan

Tifa merupakan alat musik tradisional dari Papua dan Maluku. Cara memainkan adalah dengan dipukul. Tiap suku di Maluku dan Papua memiliki Tifa dengan ciri khas masing-masing. Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti tarian perang, tarian tradisional Asmat, dan Tarian Gatsi. Tarian ini digunakan pada acara-acara tertentu.

5. Rebana

rebana dari kulit hewan

Rebana merupakan alat tradisional yang digunakan dengan cara dipukul. Rebana di Indonesia terutama bagian Jawa sering digunakan sebagai alat musik di acara orang-orang Islam.

6. Djembe

djembe dari kulit hewan

Djembe merupakan alat musik tradisional asli dari Afrika. Asal mula ejaan “jembe” berasan dari huruf “dj” yang merupakan simbol untuk mengingat bahwa bangsa Afrika dulu pernah dijajah oleh Perancis.

7. Gordang

gordang dari kulit hewan

Gordang atau yang lebih dikenal Gordang Sembilan merupakan alat musik yang berasal dari suku Batak-Mandailing. Gordang Sembilan memiliki karakteristik sebagai alat musik pukul yang berasal dari Sumatera Utara. Gordang Sembilan secara harfiah berarti sembilan buah gendang.

Itulah tadi beberapa alat music yang terbuat dari kulit hewan. Semoga bermanfaat yah !!

Leave a Reply