masjid baiturrahman

Berkunjung ke Aceh

Hai sahabat jejaring semua. Siapa yang hari ini lagi berlibur di kota Banda Aceh? Nih, saya punya beberapa referensi tempat wisata dan makanan yang harus kalian coba jika lagi berlibur di Aceh.

A.   TEMPAT WISATA

1) Museum Aceh

museum aceh

Bagi penggemar wisata zaman dahulu sebaiknya pergilah ke museum. Di Aceh juga terdapat museum yang terkenal. Nama museum tersebut adalah Museum Aceh. Di dalam Museum Aceh terdapat peninggalan kerajaan Aceh. Museum Aceh terletak di Jl. Sultan Alaidin Mahmud Syah Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

2) Masjid Baiturrahman

masjid baiturrahman

Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh ini dulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Saat bencana tsunami menerjang Aceh, masjid ini menjadi terkenal ke seluruh dunia karena merupakan salah satu dari sedikit bangunan di Banda Aceh yang masih tetap berdiri.

3) Pulau Breueh

pulau breueh

Pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera ini memiliki aneka macam tempat wisata mulai dari tempat bersejarah hingga lokasi snorkeling. Di sini Anda bisa menemukan mercusuar tua yang dibangun pada tahun 1875 bernama Willem’s Toren. Ada pula sisa peninggalan meriam Portugis dan sumur tua yang bersejarah. Aktivitas tracking juga tersedia di mana Anda bisa berjalan menembus kawasan hutan tropis hingga ke Ujoeng Peuneung.

4) Sungai Geumpang

sungai geumpang

Bagi anda pecinta arung jeram anda wajib datang ke sungai Geumpang. Arung jeram di sini merupakan tempat arung jeram yang memunyai tingkat kesulitan yang cukup sulit.

5) Pulau Tuan

pulau tuan

Lokasi ini menjadi tempat favorit bagi yang ingin menghabiskan liburan dengan melakukan snorkeling. Di sini Anda bisa menemukan aneka macam terumbu karang, ikan kecil dan berbagai spesies ikan laut lainnya pada kedalaman 3-5 meter.

6) Pucok Krueng

pucok krueng

Jika Anda ingin melakukan tracking atau bersepeda di Aceh, Pucok Krueng merupakan lokasi yang ideal. Di Pucok Krueng terdapat kolam air dan goa.

7) Monumen Kapal di atas rumah

monumen kapal di atas rumah

Untuk mengenang ke dasyatan tsunami di Aceh. Masyarakat membiarkan kapal yang menyangkut di atas rumah warga. Salah satu kapal yang masih dipertahankan posisinya di pemukiman penduduk adalah kapal nelayan yang terdampar di Gampong Lampulo. Saat air laut surut, kapal berukuran panjang 25 meter dan lebar 5,5 meter ini mendarat tepat di atas rumah penduduk.

B. KULINER

1. Rujak Aceh

Keunikan rujak Aceh pada umumnya memiliki keistimewaannya yang terletak pada cita rasanya yang asam, manis dan pedas. Bahan-bahan yang digunakan memang relatif sama seperti pembuatan rujak pada umumnya, yang terdiri dari buah mangga, pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, nenas, dan timun, namun bumbu-bumbu yang digunakan, memiliki ciri khas tersendiri seperti garam, cabe rawit, asam jawa, gula aren (merah) yang cair, kacang tanah dan pisang monyet (pisang batu) atau rumbia (salak Aceh).

2. Keumamah 

keumamah

Sering disebut dengan ikan kayu merupakan makanan tradisional Aceh yang paling banyak diminati oleh masyarakat Aceh. Selain memiliki rasa yang lezat dan unik, ikan ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus, kemudian dikeringkan dan diiris-iris kecil.

3. Pisang Sale

pisang sale

Pisang sale merupakan makanan ringan masyarakat Aceh sejak zaman dulu, yang sudah menjadi buah tangan dari Aceh. Pisang sale bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu.

4. Kue Bhoi 

kue bhoi

Kue Bhoi sendiri biasanya diperoleh di pasar-pasar tradisional ataupun dipesan langsung pada pembuatnya. Proses pembuatan kue Bhoi ini pun tergolong sedikit rumit. Pasalnya, tidak semua orang bisa membuat kuliner ini dan dibutuhkan kesabaran serta keuletan.

5. Meuseukat  

meuseukat

Merupakan salah satu kue tradisional dari aceh atau semacam dodol nanas khas aceh. Meuseukat terbuat dari tepung terigu dan campuran buah nanas, paduan yang unik dengan cita rasa yang khas. Meuseukat sangat jarang ditemukan dipasar-pasar tradisional dan terkadang harus dipesan terlebih dahulu.

Itulah tadi referensi dari saya. Terimakasih sudah membaca yah !!

Leave a Reply