Cara Cerdas Menghilangkan Stress

Kemakmuran adalah guru besar, nasib malang adalah guru yang lebih besar lagi. Kekayaan memanjakan jiwa, kekurangan melatih dan memperkuatnya. Salah satu cara menyelesaikan problem adalah dengan melihat keberadaan problem itu sendiri. Stress, tekanan, kecemasan …. apapun istilah yang anda gunakan, jelas memiliki pengaruh yang sangat kuat pada aktivitas Anda. Kunci permasalahan stress adalah mempelajari bagaimana mengatur stress sehingga tidak terlena olehnya.

Hirup udara segar, hadirkan memori indah.
Ambillah waktu sesaat untuk bernafas. Istirahat pendek secara teratur dalam sehari memungkinkan anda untuk bernafas dalam-dalam dan menenangkan pikiran. Hadirkan memori peristiwa yang menggembirakan, masa bahagia, dan nikmatilah dengan rileks.

Cari tahu akar permasalahan anda.
Apa yang sesungguhnya membuat anda stress, apakah pekerjaan anda, kehidupan rumah anda, hubungan anda? Tanpa tahu akar masalah yang anda hadapi, sangatlah sulit untuk dapat menyelesaikannya.

Kenali perbedaan antara hal-hal yang dapat anda control dan hal-hal yang tidak dapat anda kendalikan. Buatlah daftar kedua kategori ini, mulailah hari ini, buatlah janji pada diri anda untuk menghentikan kepusingan atau hal-hal dalam pekerjaan yang tidak dapat anda control. Mintalah bantuan teman anda, saudara anda ataupun siapapun yang anda anggap mampu memecahkan permasalahan anda, minimalnya mau mendengarkan anda.

Berbagi beban kerja.
Delegasikan atau bagi-bagi tugas setiap saat memungkinkan. Janganlah masuk ke dalam perangkap berpikir kalau anda satu-satunya orang yang dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan benar. Rekan kerja dan atasan anda pasti mengerti dengan konsep ini.

Ada beberapa cara/tips untuk menghilangkan stress.

  1. Jangan selalu tergantung pada orang lain.
  2. Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan Anda.
  3. Jangan selalu mengingat kesalahan masa lalu, perasaan bersalah dan penyesalan yang dalam dapat mempersulit, karena menguras segenap pikiran dan tenaga.
  4. Jangan menyimpan kemarahan dan frustasi, utarakan dan bicarakan dengan orang lain yang bertanggung jawab atas terjadinya hal tersebut.
  5. Jangan menyimpan rasa dengki dan cemburu, rasa dengki memakan energi.
  6. Jangan membiasakan sikap terburu-buru.

Tindakan tersebut pada Kesalahan Penyesalana Stress.

 

3 comments on “Cara Cerdas Menghilangkan Stress

Leave a Reply