Cara Instalasi Windows Server 2003 (ENTERPRISE)

Disini saya akan mendemonstrasikan atau lebih tepatnya menjelaskan bagaimana cara instalasi windows server 2003 (enterprise). Sedikit tentang windows server 2003 (enterprise), Windows 2003 Enterprise Edition {windows server 2003(enterprise)} merupakan produk yang lebih superior dibandingkan dengan edisi Standard dengan dukungan 8 Processor serta mendukung memory sampai 32GB dan 64GB pada versi 64 bit serta mendukung processor Itanium. Windows Server 2003 adalah sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan. NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server. Ok, langsung saja ke proses instalasi. Berikut caranya:

Sebelum proses instalasi hal yang perlu di persiapkan adalah:

  • Laptop atau PC
  • CD/DVD Windows Server 2003 (enterprise)

Jika semua sudah dipersiapkan, langsung aja ke proses instalasi. Berikut caranya:

1. Nyalakan laptop/PC kemudian masukkan CD/DVD Windows Server 2003 (enterprise)nya setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:

1

2. Diatas terdapat 3 pilihan, yaitu: “ENTER=Continue”, “R=Repair” & “F3=Quit”

  • “ENTER=Continue” -> Melanjutkan proses instalasi.
  • “R=Repair” -> Memperbaiki, artinya jika kita sudah memakai Windows Server 2003 (enterprise) didalam laptop/PC kita kemudian Windows Server 2003 (enterprise) mengalami error/kerusakan maka kita bisa memilih perintah “R=Repair” yang artinya memperbaiki error, kesalahan dan kerusakan pada Windows Server kita.
  • “F3=Quit” -> Tidak melanjutkan/membatalkan proses instalasi. Karna disini kita akan menginstal Windows Server 2003 (enterprise) jadi kita pilih “ENTER=Continue” / tekan “ENTER”. Setelah itu akan memasuki proses “Windows Licensing Agreement” seperti pada gambar dibawah ini:

2

3. Pada proses diatas juga terdapat 3 pilihan yaitu: “F8=I agree”, “ESC=I do not agree” & “PAGE DOWN=Next Page”

  • “F8=I agree” -> Menyetujui proses lisensi agreement dan akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.
  • “ESC=I do not agree” -> Tidak menyetujui proses lisensi agreement dan tidak akan dilanjutkan ke proses selanjutnya (membatalkan proses instalasi).
  • “PAGE DOWN=Next Page” -> Melanjutkan lembaran lisensi agreement.

Karna kita akan memulai instalasi, langsung saja pilih “F8=I agree”/tekan “F8”. Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:

3

4. Diproses diatas adalah proses partition dimana kita diwajibkan membagi partisi/memilih tempat untuk sistem C untuk Windows Server. Jika laptop/PC tidak ada Operating System(OS)nya maka tampilannya seperti gambar diatas dan kita harus membuat partisi baru untuk Windows Servernya. Caranya adalah:

  • Tekan “C” untuk meng-Create Partition
  • Isikan ukuran partisi sesuai apa yang kita inginkan kemudian tekan “ENTER”

Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini:

4

5. Kemudian pilih dimana kita akan menempatkan “Sistem C:” Windows Server kita. Kemudian tekan “ENTER” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

56. Pada proses diatas pilih yang paling atas karna untuk mempersingkat waktu instalasi setelah itu tekan “ENTER”. Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini:

6

7. Setelah itu tunggu hingga proses diatas selesai. Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini:

7

 

8. Pada proses diatas kita disuruh merestart laptop/PC kita. Tekan “ENTER” untuk merestart laptop/PC kita. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini :

8

 

9. Pada proses diatas kita tunggu saja hingga muncul seperti gambar dibawah ini :

9

 

10. Klik “Customize” untuk mengatur “Regional and Language” lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini :

10

 

11. Pada pilihan “Regional Options” ganti sesuai dengan negara kita, misalnya : Indonesia. Kemudian klik/pilih “Advanced” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

11

 

12. Pada “Language for non-Unicode programs” ganti sesuai dengan negara kita, misalnya : Indonesia. Kemudian klik “OK” setelah itu klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

12

 

13. Pada proses diatas isikan “Name” &  “Organization” sesuai apa yang kita inginkan. Kemudian klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

13

 

14. Pada proses diatas kita biarkan default saja kemudian klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

1415. Pada proses di atas kita diwajibkan mengisi “Product Key” Windows Server 2003(enterprise) setelah itu klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

15

 

16. Pada proses di atas kita diwajibkan mengisi “Computer Name and Administrator Password”. Jika sudah klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

16

 

17. Jika muncul peringatan seperti diatas kita klik “Yes” saja kemudian klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

17

 

18. Proses diatas adalah proses “Date and Time Settings” dimana kita diwajibkan untuk mengatur waktu sesuai tempat di negara mana kita tinggal kemudian klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

1819. Pada proses di atas kita tinggal menunggu hingga muncul gambar seperti di bawah ini :

19

 

20. Proses diatas adalah proses “Networking Settings”. Pada proses ini kita biarkan default saja kemudian tekan “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

20

 

21. Pada proses diatas kita biarkan default saja kemudian klik “Next” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:

21

22. Pada proses diatas kita hanya tinggal menunggu proses instalasi hingga selesai kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini:

2223. Jika muncul peringatan seperti diatas kita tinggal klik “Finish” dan proses instalasi Windows Server 2003(enterprise)pun selesai.

Penutup

Demikian tutorial (artikel) tentang Windows Server 2003 (enterprise) dari saya. Semoga artikel/tutorial dari saya bermanfaat bagi yang membaca/mempelajarinya.

 

13 comments on “Cara Instalasi Windows Server 2003 (ENTERPRISE)

Leave a Reply