motivasi

Cara Membangkitkan Motivasi Belajar Dan Bekerja

Salam sejahtera sobat, icon wink Cara Membangkitkan Motivasi Belajar Dan Bekerja  akhir-akhir ini kita sering mendengar kata-kata galau dan depresi akibat suatu masalah. Entah itu broken home atau broken heart dan masih banyak lagi masalah-masalah yang sering kita alami. Tidak jarang masalah tersebut membuat semangat dalam diri kita lemah. Nahh.. untuk membangkitkannya mari kita simak penjelasan berikut.

Motivasi merupakan dorongan jiwa yang membuat orang melakukan suatu kegiatan serta memiliki tujuan tertentu. Dalam hal ini yang kita bahas adalah motivasi yang dimiliki tujuan baik semisal belajar atau bekerja. Dalam kehidupan sehari-hari motivasi dapat dilihat dari semangat seseorang dalam melakukan suatu aktivitas. Semangat tinggi seorang dalam belajar dapat dilihat dari kerajinan dan semangat utuk meraih prestasi yang maksimal. Seorag pekerja yang memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja dapat dilihat dari kerajinan dalam bekerja untuk mencapai kerja yang maksimal. Secara garis besar motivasi dibagi menjadi dua jenis :

1. Intrinsik
Motivasi intrinsik adalah motivasi yang timbul dari diri orang yang bersangkutan.

2. Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul dari luar diri orang yang bersangkutan

Motivasi instrinsik memiliki manfaat atau nilai lebih tinggi dari motivasi ekstrinsik  karena akan mendorong seseorang untuk berbuat baik dengan kesadaran sendiri. Dengan motivasi intrinsik seorang pelajar dan mahasiswa dapat bekerja sendiri tanpa harus disuruh oleh orang lain. Disamping itu motivasi intrinsik lebih permanen daripada motivasi ekstrinsik.

Bagaimanakah cara membangkitkan Motivasi ? banyak cara untuk membangkitkan motivasi diantaranya sebagai berikut :

  1. Memahami manfaat dari suatu aktivitas. Sebagai contoh seseorang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa inggris jika dia sudah memahami apa saja manfaat yang akan dirasakannya nanti apabila belajar bahasa inggris.
  2. Menetapkan tujuan yang baik. Seorang pelajar yang sudah menetapkan tujuannya untuk meraih cita-cita akan belajar lebih giat dibanding pelajar yang belum menetapkan tujuan dan cita-cita.
  3. Menciptakan suasana yang nyaman di lingkungan belajar atau di lingkungan bekerja.
  4. Mendapat dan terus meminta nasihat dari orang lain dalam belajar atau bekerja dengan penuh kesadaran.
  5. Memiliki hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita terutama kepada mereka yang terkait  langsung dengan kerjasama kita. Hindari permusuhan dengan orang-orang di lingkungan kerja yang hanya akan membuat hati tidak tenang dan melemahkan motivasi diri.
  6. Mendapatkan sugesti positif dari orang lain di mana sugesti tersebut membantu membangkitkan motivasi.
  7. Menerima pembangkitan motivasi dari orang yang tepat seperti orang tua, saudara, sahabat, guru, konceler, terapis, relasi atau yang lainnya yang bisa berperan sebagai motivator.
  8. Menghindari hal-hal yang bisa melemahkan motivasi seperti kejenuhan, pengaruh negatif dari orang lain dan kondisi negatif atau tidak nyaman pada lingkungan yang bisa melemahkan semangat belajar atau semangat bekerja.
  9. Memperkuat sugesti, atau sugesti pada diri sendiri yang antara lain bisa diperoleh dengan latihan meditasi.
  10. Melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar atau bekerja.
  11. Menanamkan kesadaran bahwa belajar atau bekerja merupakan kegiatan yang bisa digolongkan sebagai ibadah.

Dari sekian banyak membangkitkan motivasi anda perlu lebih meningkatkan motivasi intrinsik. Karena motivasi intrinsik bisa meningkatkan semangat belajar atau bekerja tanpa ada dorongan dan perintah dari orang lain. Dengan motivasi intrinsik anda akan lebih menjadi orang yang inisiatif sendiri dalam semangat belajar atau bekerja.  Menjadi orang yang mandiri dan selanjutnya anda akan menjadi orang yang kreatif.

Terimakasih sobat sudah meluangkan waktu untuk membaca dan menambah wawasan. icon biggrin Cara Membangkitkan Motivasi Belajar Dan Bekerja

Leave a Reply