mail merge office

Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Office

Mail merge adalah fasilitas yang ada pada microsoft office word. Mail marge digunakan untuk membuat dokumen yang isi dokumen tesebut  sama tetapi mempunyai tujuan yang berbeda. Mail merge untuk membuat surat undangan beserta amplopnya.  Amplop dan undangan itu sama semua tetapi kepada siapa yang kita kirim itu berbeda. Fungsi mail merge tidak sebatas itu, tetapi juga bisa membuat laporan keuangan yang targetnya sama tiap bulan,hanya saja yang dilaporkan jumlah uangnya yang berbeda. Mail marge pertama ada pada microsoft office word 2003, tetapi mail marge 2007 lebih mudah karena berbasis grafik.

Cara membuat mail marge:

  • Kita buka mirosoft office, kita cari tab mailing kemudian klik
  • Setelah itu klik “ start mail merge ”
  • Pilih  “ step by step mail merge wizard “

1

  • Setelah itu klik “ letter ”

2

  • Klik  “next : starting dokumen “ (dipojok bawah sebelah kiri)

3

  • Klik” next :select recipients”

4

  • Selanjutnya kita klik “ type a new list “ dan muncul tulisan “create” itu diklik lalu kita data source.

5

  • Kemudian muncul
  • Kita klik “cuztomize column” kemudian di edit yang perlu di edit
  • Setelah di edtit, anda klik “ok”

6

  • Kita  “save” satu folder dengan undangan apabila suatu saat akan dipakai lagi
  •  Selanjutnya kita klik “ insert merge field “ > klik kategori field yang kita inginkan

7

  • Mari kita lihat hasilnya dengan cara “ preview result ” serta kita gunakan tombol navigasi dan previous untuk melihat hasil secara satu persatu

8

  • Kemudian untuk mencetak hasilnya kita klik “ finish & marge > print document “
  • Selanjutnya pilih “ all “ untuk mencetak semua yang ada pada database secara berurutan

Sekian langkah-langkah pembuatan mail merge pada microsoft word. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang microsoft office 2010, jika ada yang kurang dimengerti bisa anda tanyakan di komentar dibawah ini.

3 comments on “Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Office

Leave a Reply