hutan bambu

Cara Mudah Membuat Lampu Hias Dari Bambu

Selamat siang sobat jejaring semua…… Artikel yang kami muat hari ini adalah berkaitan dengan kerajinan lokal Indonesia yaitu Membuat Lampu Hias Dari Bambu. Kami awali artikelnya ya….

Melimpahnya  persediaan  pohon bambu  di  Indonesia  ternyata  bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jika selama ini masyarakat hanya memanfaatkan  batang  bambu  sebagai  bahan bangunan rumah, kini bambu bisa dijadikan aneka kerajinan cantik dengan nilai ekonomi  yang  cukup  tinggi.

hutan bambuMeskipun awalnya kerajinan bambu hanya diminati masyarakat di daerah pelosok, namun seiring dengan maraknya isu global warming di lingkungan masyarakat dunia, kini banyak orang yang tertarik menggunakan produk ramah lingkungan untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak heran bila permintaan pasar kerajinan bambu kini semakin melonjak bahkan tidak hanya menjangkau kota-kota besar saja, tetapi juga sampai tembus pasar mancanegara. Saat ini para pengrajin bambu tidak hanya memproduksi aneka kerajinan untuk penghias ruangan saja, mereka mulai menciptakan inovasi baru kerajinan bambu yang lebih fungsional.

Bagi Anda yang tertarik menekuni bisnis kerajinan dari bambu, berikut ini kami informasikan cara sederhana yang bisa Anda praktekan langsung untuk membuat kerajinan bambu berupa lampu hias.

Cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu

 Bahan:

  • Bambu berdiameter 10 cm
  • Lampu 5 watt
  • Kabel secukupnya
  • Cat atau pelitur
  • Cat poxy clear
  • Semen
  • Amplas.

lampu hias dari bambu

Cara membuat :

  1. Pertama-tama pilihlah bambu yang cukup kering, dengan diameter sekitar 10 cm. Kemudian potong bambu tersebut dengan panjang kurang lebih 1,5 meter.
  2. Untuk menghaluskan permukaan bambu, amplas seluruh permukaannya dan tambahkan cat atau plitur agar permukaan bambu tersebut menjadi halus dan mengkilap. Tunggu sampai cairan plitur atau cat benar-benar kering.
  3. Langkah ketiga yaitu memilih salah satu ruas yang akan dijadikan dudukan lampu hias, pastikan ruas dudukan tetap utuh sedangkan ruas lainnya digergaji sebagian.
  4. Bila ruas atas bambu sudah digergaji, maka lakukan pengamplasan agar terlihat rapi dan bersih dari serbuk bambu.
  5. Tambahkan lubang di bagian tengah bambu untuk kabel.
  6. Untuk membuat dudukan, gunakan semen dan dicetak menggunakan ember kecil dengan ketebalan semen antara 7-10 cm.
  7. Untuk menambah kecantikan lampu hias, anda bisa menambahkan ukiran-ukiran pada bambu. Setelah semuanya jadi, lakukan pengecatan ulang menggunakan cat poxy clear agar bambu semakin mengkilap.
  8. Terakhir, lengkapi dengan kabel dan lampu. Kerajinan lampu hias dari bambu siap dipasarkan.

Di samping permintaan pasarnya yang masih terbuka lebar, menjalankan peluang bisnis kerajinan bambu terbilang sangat menguntungkan. Melimpahnya potensi bambu di alam Indonesia secara tidak langsung memberikan keuntungan besar bagi para pengrajin, sebab harga jual bambu di pasaran masih sangat rendah, bahkan saat ini sebagian pengrajin ada yang sudah membudidayakan bambu di pekarangan rumahnya. Sehingga bisa dipastikan modal usaha yang dibutuhkan juga bisa ditekan.

hasil kerajinan bambuKeuntungan yang kedua, memproduksi aneka kerajinan bambu termasuk salah satu peluang bisnis yang ramah lingkungan. Limbah bambu yang dibuang tidak berdampak buruk pada lingkungan sekitar sehingga tidak memicu adanya global warming.

Adanya kreativitas dan inovasi dalam menciptakan sebuah karya menjadi kunci kesuksesan untuk menjalankan usaha kerajinan bambu. Semakin kreatif ide yang diciptakan dan semakin inovatif produk yang dihasilkan akan memperbesar peluang bisnis untuk menuju pintu kesuksesan.

17 comments on “Cara Mudah Membuat Lampu Hias Dari Bambu

Leave a Reply