teknik fotografi stop action

Cara Mudah Mengenal Teknik Fotografi

Hai sobat jejaring di sini saya akan menjelaskan macam-macam teknik menjadi fotografi silahkan baca dibawah ini :

Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

1.    Depth Of Field (Ruang Tajam)

Depth of field – DOF, adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Depth of Field (DOF) yang lebar berarti sebagian besar obyek foto (dari obyek terdekat dari kamera sampai obyek terjauh) akan terlihat tajam dan focus.

Hal-hal yang mempengaruhi ruang tajam:

  • Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit)
  • Bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit)
  • Jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur)

Konsep Depth of Field ini akan banyak berguna terutama dalam fotografi

 teknik fotografi depth of field

 2.    Panning

teknik fotografi panning

Panning adalah teknik memotret mengikuti obyek yang bergerak secara horizontal teknik yang dilakukan adalah menggerakkan kamera searah gerakan obyek, diharapkan obyek tersebut tetap terfokus tajam sedangkan obyek lain menjadi blur.

3.    Zooming

teknik fotografi zooming

Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa. Untuk mendapatkan kesan gerak, anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik.

4.    Bulb

teknik fotografi bulb

Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod.

5.    Slow & Stop Action

teknik fotografi slow action

Slow Action

teknik fotografi stop action

Stop Action

Slow action salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik

Stop action : kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.

Langkah penting bagi pemula :

  • Gunakan perangkat standar, tidak harus mahal karan hasil potret yang baik tidak selalu kamera yang mahal.
  • Pergunkan tripod/jagrag kaki tiga, hasil tidak fokus atau bergetar adalah hal yang sering terjadi pada kita terutama pemula dan akan menghasilkan gambar yang jelek.
  • Setia dengan kamera. Oleh karena itu seorang fotografer harus selalu setia membawa kameranya. Bila terjadi suatu kejadian yang menarik pada saat kita di suatu tempat kita tidak kehilangan momen tersebut.
  • Jangan mempunyai rasa takut. Karena itu jangan pernah takut untuk memotret motretlah dengan seakan-akan kita ahlinya lakukan saja jangan peduli siapapun.
  • Pahami aturan pemotretan. Baca aturan pakai kamera yang kita miliki dan harus memahami semua itu dengan cara membaca atau interaksi dengan mereka yang berpengalaman.

Leave a Reply