iCloud smartphone tablet PC

Cloud System pada Perangkat Smartphone

Hai sahabat jejaring, kita kembali lagi ke artikel teknologi informasi ya… Tulisan kali ini tentang Cloud System pada Smartphone. Bagi kalian yang mungkin sedang menyusun karya ilmiah, atau paper berkaitan dengan cloud system, artikel berikut bisa bermanfaat.

iCloud (Cloud Computing pada perangkat iOS)

iCloud iPhone

Cloud computing, atau komputasi awan merupakan sebuah sistem dimana perangkat iOS bisa lepas dari kabel dan tidak membutuhkan lagi iTunes untuk proses sinkronisasi. iCloud merupakan lanjutan dari MobileMe yang sudah tidak lagi dikembangkan oleh Apple.

Sebagai contoh, Anda punya iPhone, iPad dan sebuah Mac. Anda bisa membeli sebuah aplikasi di iPhone. Aplikasi yang baru dibeli, akan langsung diunduh oleh Mac dan iPad. Hal ini juga akan berlaku untuk musik, foto dan dokumen. Anda juga tidak perlu lagi mem-back-up lagi manual, karena iCloud akan melakukan back-up secara harian.

iCloud smartphone tablet PC

Seperti disebutkan di atas, pengembang dapat memanfaatkan iCloud dalam dua cara: baik untuk menyimpan dokumen atau untuk menyimpan data aplikasi. Opsi terakhir memungkinkan aplikasi menyimpan sejumlah data, seperti konfigurasi aplikasi atau semacam pengaturan account social media, di iCloud. Hal ini akan memudahkan bagi para pengguna untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya, atau saat melakukan upgrade dari satu perangkat lama ke yang baru.
Sebagai contoh, iCloud dapat digunakan untuk melakukan setup perangkat baru dengan semua aplikasi yang telah pengguna beli tanpa harus melakukan sinkronisasi dengan komputer anda, kemudian iCloud juga mengkonfigurasi aplikasi pengguna serta melakukan sinkronisasi dengan kegiatan terakhir dari si pengguna pada sebuah aplikasi.
Konsep iCloud sendiri cukup mirip tetapi selangkah lebih maju dari apa yang Google tawarkan saat ini dengan Android-nya. Dengan versi terbaru dari Android, aplikasi akan tersinkron ke perangkat baru bila pengguna masuk dengan akun Google-nya. Setelah aplikasi pengguna tersinkron dan diinstal pada perangkat Android lainnya, pengguna harus melakukan login (untuk aplikasi yang memerlukan account) ataupun setting lainnya. Data yang disimpan dalam aplikasi juga tidak tersimpan, kecuali aplikasi tersebut menggunkan konsep cloud untuk penyimpanan konfigurasinya atupun data-datanya. iCloud juga akan menangani semua hal yang berhubungan dengan sinkronisasi, back up dan restore termasuk juga version control, conflict resolution, dan lain-lain.

Berikut ini yang dapat dimasukkan ke iClouds:
Photo Stream, Documents in the Cloud, Apps, iBooks, Calendar, Mail, Contacts, Backup, Find My Friends and Find My iPhone

DropBox (Salah satu Cloud Computing pada perangkat Android)

dropbox

Dropbox adalah tentang sinkronisasi file dan menyimpannya dalam cloud storage, seperti layaknya komputer desktop, hampir semua file baik yang berbentuk gambar, video, lagu, document, program maupun aplikasi dapat disimpan di sini, tentunya juga memfunyai fitur untuk berbagi (sharing) dan kolaborasi dan juga dapat berfungsi sebagai layanan backup online.

Cara Kerja Dropbox
Cara kerja Dropbox sangat mudah, hanya dengan menaruh file dan folder ke dalam folder Dropbox, yang sudah dikonfigurasi sebelumnya pengguna dapat dengan santai menyimpan, sinkronisasi dan berbagi file dan folder tanpa khawatir file hilang akibat komputer rusak, dan penyebab lain yang menimbulkan komputer anda crash sehingga data anda tidak bisa diakses, karena selain menyimpan pada media komputer (PC) file yang kita letakkan di Dropbox secara otomatis tersimpan di dalam server cloud Dropbox.

cloud computing

Jika ingin mengorganisir data antar perangkat Android misalnya yaitu ponsel, PC maupun tablet dengan efisien dan mudah, maka Dropbox merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan selain gratis, aplikasi ini mudah digunakan dan dapat mengakses file secara offline.

Langkah menggunakan dan installasi Dropbox

  1. Download dan install program Dropbox dari internet ke komputer. Anda bisa mendownloadnya di website Dropbox (https://www.dropbox.com/install). Untuk smartphone android anda download (https://www.dropbox.com/android) atau pada google play (android market).
  2. Pada PC, setelah terinstall kemudian akan tercipta folder Dropbox yang bisa anda letakkan di mana saja di dalam PC. Syarat untuk bisa sinkronisasi adalah dengan dukungan koneksi internet. Ketika anda menjalankan aplikasi Dropbox di smartphone android anda maka dengan otomatis akan tersinkron antara Dropbox di PC anda dengan Dropbox di smartphone anda.
  3. Setiap perubahan yang dibuat pada file yang ada dalam folder Dropbox maka secara otomatis akan disinkronisasikan di komputer lain dan perangkat mobile yang telah diinstal dan dikonfigurasi dengan account dengan Dropbox.
  4. Anda bisa mendownload file-file yang ada di dalam Dropbox maupun mengupload file-file anda baik dari hp maupun PC anda dan akan tersimpan dalam cloud storage Dropbox. Anda juga dapat berbagi isi folder anda dengan teman, melakukan kolaborasi project file kerja, membagi file dengan kerabat anda bahkan masyarakat umum atau membatasi mereka untuk pelanggan Dropbox lainnya. Hal ini dapat menjadi alat yang sangat berguna tidak hanya untuk pengguna individu tetapi untuk kelompok mahasiswa, usaha kecil, dan rekan kerja yang membutuhkan untuk berbagi dan berkolaborasi pada dokumen secara teratur.

Leave a Reply