Contoh RPP Pemrograman Dasar (Kurikulum 2013)

Hai sobat jejaring, posting kali ini saya menuliskan Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk SMK mata pelajaran Pemrograman Dasar dengan mengacu pada petunjuk yang sudah ada di dalam Kurikulum 2013.

RPP adalah wajib dibuat oleh semua guru, dan menjadi hak semua guru untuk menyusunnya disesuaikan dengan kondisi siswa di lingkungan sekolah masing-masing. Jadi menurut saya masih belum ada RPP yang seratus persen benar dan sempurna, bisa jadi antara guru yang satu dengan yang lain sangat jauh berbeda, tetapi memiliki kerangka yang sama dengan petunjuk yang telah ada di dalam Kurikulum 2013.

Tulisan agak panjang sedikit karena dimulai dari Kompetensi Inti sampai dengan Penilaian. Ayo, kita mulai, selamat menyimak. 🙂

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan            :    Sekolah Menengah Kejuruan
Mata Pelajaran                   :    Pemrograman Dasar

Kelas / Semester                :    X /  Ganjil
Materi Pokok                     :    Menulis Bahasa Pemrograman Sesuai Struktur Program
Alokasi Waktu                   :    1 X 45 menit

 

A.    Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
  2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

  1. Melakukan kegiatan ilmiah sebagai pengamalan ajaran agama yang dianutnya
  2. Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab,kerjasama, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
  3. Menuliskan prosedur Bahasa Pemrograman sesuai dengan struktur penulisan programsecara benar dan bertanggung jawab
  4. Menerapkanprosedur penulisan Bahasa Pemrograman sesuai dengan struktur penulisan program secara benar, cermat dan bertanggung jawab

 

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Berperilaku/menunjukkan perilaku ilmiah yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab,dan bekerjasama dalam melaksanakan praktek pemrograman dasar.
  2. Menuliskan judul, deklarasi dan pernyataan program sesuai struktur penulisan program pada bahasa pemrograman secara benar.
  3. Menuliskan perintah (statement) dalam bahasa pemrograman dengan benar.
  4. Menerapkan struktur penulisan dan statement bahasa pemrograman secara teliti dan cermat.

D.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran “ Kooperatif type STAD pada materi Menulis Bahasa Pemrograman Sesuai Struktur Program” siswa mampu:

  1.  Berperilaku/menunjukkan perilaku ilmiah yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, dan bekerjasama dalam melaksanakan praktek pemrograman dasar.
  2. Menuliskan judul, deklarasi dan pernyataan program sesuai struktur penulisan program pada bahasa pemrograman secara benar.
  3. Menuliskan perintah (statement) dalam bahasa pemrograman dengan benar.
  4. Menerapkan struktur penulisan dan statement bahasa pemrograman secara teliti dan cermat.

 

E.     Materi Ajar

Struktur penulisan nama program, deklarasi, badan program dan statement program dalam bahasa pemrograman pascal

 

F.     Metode Pembelajaran.

Pendekatan Pembelajaran: Scientific

Teknik kooperatif STAD dengan langkah – langkah :

1.      Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

2.      Guru menyajikan pelajaran

3.   Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

4.      Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

5.      Memberi evaluasi

6.      Kesimpulan

 

G.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar:

1.      Personal Komputer (PC), software bahasa pemrograman turbo pascal

2.      LCD dan laptop.

3.      Nyoto, Amat & Wina, Made. 2012. Model – model pembelajaran. Malang, UM Press

4.      Munir,rinaldi.2009. Algoritma & Pemrograman (dalam bahasa pascal dan C). Bandung : Informatika

5.      Supardi,Yuniar. 2007. Pascal dan Flowchart Level Praktek. Dinastindo : Yogyakarta

6.      Joobsheet / Lembar kegiatan siswa

7.      Hadi S., Chendra, Memahami Struktur dan Elemen pada bahasa Pemrograman, 2003, www.ilmukomputer.com

 

H.    Kegiatan Pembelajaran:

No

Kegiatan

Kegiatan guru

Kegiatan siswa

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

Memberi salam, dilajutkan dengan do’a dipandu salah satu siswa, selanjutnya guru menanyakan “kabar” kepada siswa, dengan memberikan pertanyaan “Bagaimana kabar kalian hari ini?”

Menjawab salam dari guru dengan santun

5 mnt

 

Apersepsi

Motivasi siswa dengan menayangkan sebuah contoh program aplikasi yang dirancang menggunakan software bahasa pemrograman pascal, selanjutnya memberikan pertanyaan untuk mengaitkan dengan materi pertemuan ini, “apa yang kalian butuhkan jika akan memasak nasi goreng?” Dilanjutkan dengan pertanyaan “Apa yang kalian ketahui tentang struktur dan elemen bahasa pemrograman?”

Mengamati jalannya program aplikasi yang ditampilkan oleh guru

 

 

Apersepsi

Guru meminta salah satu siswa menceritakan pemahamannya tentang penggunaan software bahasa pemrograman komputer dari sumber bacaan yang telah diberikan guru sebelum pertemuan ini.

Siswa menceritakan pemahamannya sesuai pendapat mereka masing – masing

 

 

Apersepsi

Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rangka mencapai indikator kompetensi.

Memperhatikan dan memahami penjelasan guru

 

2

Inti

Langkah 1

Membentuk kelompok yang anggotanya 3-4 orang secara  heterogen (campuran menurut  prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

Siswa menbentuk kelompok. Masing masing kelompok beranggotakan 3 – 4 orang

30 mnt

 

Eksplorasi

Langkah 2

Guru menjelaskan secara singkat prosedur penulisan dan statetment  bahasa pemrograman pascal sesuai struktur program secara singkat

Memperhatikan dan memahami penjelasan guru

 

 

Elaborasi

Langkah 3.a

Guru membagi lembar kerja (joobsheet) dan memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.

Siswa melakukan praktek pemrograman dalam kelompok sesuai prosedur yang benar. (jujur, disiplin, dan bekerjasama) dan (keterampilan)

 

 

Langkah 3.b

Guru membimbing dan memantau diskusi siswa dalam kerja kelompok

Siswa mendiskusikan hasil praktek pemrograman dalam kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.  (bekerjasama, gotong royong, peduli)

 

 

 

Guru meminta satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan menilai hasil diskusi siswa menggunakan rubrik penilaian

Satu atau dua kelompok mempresentasikan hasil diskusi, sedangkan kelompok lain bertanya dan menanggapi. (disiplin, tanggung jawab, dan bekerjasama)

 

 

Langkah 4

Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.

 

Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada lembar soal uraian (jujur, tanggung jawab, dan disiplin)

 

3

Penutup

Langkah 4.a

Guru mereview dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksi pembelajaran pada pertemuan ini. (jujur, disiplin, tanggung jawab,ramah lingkungan, dan bekerjasama)

Siswa bertanya

5 mnt

 

Langkah 4.b

Guru memberikan arahan untuk pertemuan berikutnya. Dalam arahan ini guru memberikan tugas untuk mencari informasi dari berbagai sumber mengenai “penggunaan type data” dan memberikan informasi sumber bacaan untuk pertemuan berikutnya serta mengucapkan salam.

Siswa membuat kesimpulan

 

I.       Penilaian

1.      Tes.

Uraian (Lampiran 1)

2.      Non Tes

a.       Lembar penilaian sikap (Lampiran 2)

b.      Menjabarkan prosedur penulisan judul program, deklarasi dan pernyataan program serta statement program dalam bahasa pemrograman pascal di lab komputer (Lampiran 3)

c.       Penugasan

 


 

Mengetahui,                                                                ……….., ………. 2013

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 Demikian contoh RPP yang dapat kami berikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari atau menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

24 comments on “Contoh RPP Pemrograman Dasar (Kurikulum 2013)

  1. Terima kasih sudah memberikan kritisi. Mohon penyempurnaan selanjutnya dari para pengunjung web ini. Karena ini mash berupa contoh, jadi memang mash banyak yg perlu dibenahi. Jangan lupa berkunjung balik ya.

  2. Terima kasih sudah berkomentar dan menyalin artikel kami. Karena ini masih sekedar "contoh", berarti para pembaca artikel ini dimohon untuk dapat mengembangkan sendiri. Jangan lupa berkunjung balik ya.

Leave a Reply