baby gamer

Dampak Positif dan Negatif Bermain Game

Hai semua, pada hari ini saya membuat artikel tentang “Dampak Positif dan Negatif Bermain Game”. Kalian semua pasti bingungkan bermain game itu baik apa buruk? Memang semua tindakan ada dampaknya, baik positif maupun negatif. Tapi jangan khawatir karena saya punya solusi untuk mengurangi dampak negatifnya. Selamat Membaca.
baby gamer

Dampak Positif Bermain Game

  1. Pintar Bahasa Inggris
    Memang banyak yang tidak percaya bahwa bermain game membuat seseorang bisa bahasa inggris.Tapi jika dilihat-lihat memang benar kalau kita bermain game playstation kita akan tahu. Karena hampir di semua game playstation itu memakai bahasa inggris, jadi secara tidak langsung kita sebagai pemain harus tahu arti dari kalimatnya.
  2. Penghilang Stress, Jenuh, Be-Te, dll.
    Loh kok bisa!? Tentu saja bisa. Karena Game saat ini banyak yang seru-seru dan asik-asik. Sampai-sampai para pemain sampai lupa waktu.
  3. Meningkatkan Konsentrasi
    Kok Bisa!? Tentu bisa. Karena zaman sekarang banyak sekali game-game yang berbasis strategi. Selain meningkatkan konsentrasi juga bisa mengasah otak menjadi pandai.
  4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
    Kenapa bersosialisasi? Yah, karena banyak sekali game zaman sekarang yang mempunyai fitur online atau dengan internet. Dengan begitu para pemain mempunyai banyak teman saat bermain di game yang sama.
  5. Meningkatkan solidaritas
    Solidaritas? Jangan heran. Banyak sekali Game Online Strategi yang bisa membuat kelompok, grup, atau team yang membuat para pemain menjadi bisa meningkatkan solidaritas dalam sebuah kelompok tersebut.
  6. Penghilang rasa sakit
    Memang Game Obat? Tentu saja bukan. Game ya game, obat ya obat. Tetapi game itu bisa membuat orang yang bermain itu senang atau bahagia (obat yang paling murah itu senang sama bahagia).
  7. Meningkatkan kemampuan mendengar dan membaca
    Kok bisa? Tentu saja bisa, karena saat kita bermain game mana mungkin kita tidak membaca atau mendengar, apalagi game adventure pasti tambah tidak tahu alur ceritanya kalau tidak baca perintahnya.

Dampak Negatif Bermain Game

  1. Menjadi Kecanduan
    Kok kayak narkoba gitu? Tentu saja beda, memang karena terlalu asyiknya bermain game tersebut kita jadi sering bermain game tersebut tiap harinya.
  2. Menjadi malas
    Kenapa bisa jadi malas? Tentu saja bisa, karena saat kita bermain game kita tidak melakukan aktifitas terlalu banyak. Tapi saat kita disuruh atau mau ngelakuin kegiatan yang berat kita tidak mau dan jadinya malas.
    malas
  3. Kurang peduli Lingkungan sekitar
    Karena kita keasyikan bermain game, kadang kita sampai tidak peduli sudah sore kah, hujan kah, sudah makan kah.
    main game
  4. Pola makan tidak teratur
    Karena terlalu asyik bermain kadang tidak terasa kalau perut kita lapar. Saat mau makan pasti bingung mau lanjutin gamenya dulu apa makan? Biasanya kalau pemain game kebanyakan makannya kalau udah lapar banget saja.
  5. Jarang melakukan olahraga fisik
    Banyak yang bilang bahwa bermain game banyak menyita waktu kita. Karena itu banyak gamer yang kurang bergerak (bergerak adalah olahraga secara tidak langsung) tapi banyak para pemain yang bilang tidak. Katanya mereka juga olahraga !! Olah raga jari katanya.
  6. Gangguan penglihatan
    Karena saat bermain game kita sering melihat layar monitor atau televisi. Apalagi saat seru pasti para pemain akan lebih mendekat dengan monitor atau televisi.
  7. Menjadi Boros
    Pasti para pemain yang tidak punya playstation atau computer mereka akan bermian di Rental penyedia game yang mereka inginkan. Karena itu para pemain pasti akan mengeluarkan uang yang banyak.

Tips dan Solusi

  • Seleksi/pilihlah game yang menurut anda bermanfaat buat anda atau (anak anda) yang bisa merangsang pertumbuhan otak. Dan hindari game yang mempunyai alur keras. Contoh Game yang baik: Game Winning eleven, Harvestmoon, Angry bird, dan lain-lain
  • Bermainlah dengan sportif dan mengikuti aturan mainya.
  • Pilih game yang sesuai dengan umur anda atau anak anda.
  • Harus bisa mengatur diri, dan emosi anda. Dan anda harus ingat pada waktu dan makan.
  • Atur waktu saat bermain, seperti pada rentalan atau warnet.

Leave a Reply