anak bermain tablet pc

Dampak Teknologi bagi Masyarakat Urban Masa Kini

Hai sobat jejaring, kalian semua sudah pada punya gadget belum? Pasti punya kan, nah artikel kali ini berkaitan dengan dampak positif dan negatif dari perangkat gadget yang kalian miliki. Tak dapat dipungkiri arus kemajuan teknologi sudah semakin derasnya tengah membanjiri dunia saat ini.

gadget

Masih hangat di ingatan saya dulu, sekitar pertengahan 2004, sempat merengek kepada orang tua untuk membelikan ponsel Nokia keluaran terbaru dengan seri 3660 yang kala itu sedang sangat in di zamannya. Berlanjut dan berlanjut  untuk terus membeli gadget gadget ciamik yang terbaru pada waktu itu. Semua sistem operasi, baik Symbian, Blackberry, iOS/iPhone, Windows Phone, dan tentunya Android pernah saya gunakan. Ya, walaupun saya tak dapat memaksimalkan penggunaannya dengan baik. Hanya sekedar untuk mengirim pesan, menelpon, ataupun bertukar lagu.

Penggunanya pun sekarang semakin beragam. Semua orang telah dapat menggunakannya dengan baik.  Cukup lumrah melihat seorang anak “sibuk” bermain dengan Tabletnya.

anak bermain tablet pc

Seolah terbangun dari mimpi yang panjang, saya pun tersadar bahwa perkembangan dunia teknologi takkan ada habisnya. Sejak komputer generasi pertama ditemukan pada 1941, inovasi demi inovasi pun bermunculan, bahkan menunjukkan grafik yang cenderung naik di bidang teknologi informasi (Selanjutnya disingkat IT). Banyak peluang-peluang baru yang seolah terbuka dengan perkembangan teknologi saat ini. Jurusan IT  pun menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Perusahaan-perusahaan masa kini pun sudah wajib hukumnya untuk memiliki website, Twitter, Facebook dan berbagai promosi media sosial lainnya. Dampak nyata yang dapat kita rasakan langsung adalah perilaku konsumtif dalam membeli produk produk teknologi keluaran terbaru.

Berikut adalah penjabaran dampak positif dan negatif secara umum dari dampak perkembangan teknologi masa kini

Dampak positif :

1.  Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kerja
Hadirnya inovasi dan terobosan baru, mendorong para pelaku usaha untuk menghemat biaya dan memudahkannya untuk mengelola bisnis dengan baik. Contohnya seperti Software Accounting / Point of Sale (POS).  Kini kasir tak perlu repot repot lagi untuk mencatat dan menghitung manual pesanan customer. Cukup klik menu yang diinginkan, akan tampil rincian item dan jumlah harga yang dipesan customer. Dan tak sebatas itu, menu yang telah dipilih pun dapat terkoneksi langsung ke bagian produksi dan perusahaan pusat melalui internet.

efisiensi dan efektivitas kerja

2. Alternatif bacaan fisik selain buku
Penggunaan komputer/gadget yang semakin intens membuat banyak orang berpikir untuk membuat versi digital dari buku tanpa harus repot repot menggunakan kertas untuk mencetak halaman per halamannya. Akses yang semakin mudah dan tanpa repot menghadirkan e-book sebagai suatu alternatif baru dengan membaca atau menulis lewat komputer/gadget meninggalkan caranya yang konvensional yaitu dengan membaca buku kertas.

 e book

3. Jual-Beli online tanpa perlu ada keharusan untuk bertatap muka
Masukkan gambar ke Web/Blog/Sosial media lainnya, bagikan ke beberapa relasi, dan jalankan transaksi. Metode pembayaran dapat dipilih. Apabila pembeli percaya pada penjual, langsung transfer dana ke rekening penjual. Pembeli pun tak perlu repot-repot berbelanja di siang bolong yang terik menuju pusat perbelanjaan ibukota untuk membeli barang. Tentunya penjual pun juga  tak perlu repot berkeliling ke tiap-tiap rumah untuk menawarkan produknya.

e commerce

4.  Menjalin Relasi tanpa mengenal jarak dan waktu
Maraknya jejaring sosial yang muncul di tengah masyarakat dapat menjadi opsi untuk menambah dan menjalin hubungan sosial lewat pertemanan online. Sebut saja Faceook, Twitter, Path, Instagram, belum berbagai forum yang juga turut hadir melengkapi wadah pertemanan bagi para pengguna dunia online atau biasa disebut netizen.

relasi jarak jauh

 5. Jendela informasi  yang tak terbatas  ke berbagai belahan dunia
Berbagai informasi dari belahan dunia manapun dapat ditemukan dari berbagai web, blog, atau mesin pencari di internet. Tinggal ketik sesuatu yang ingin kita cari, semua datanya akan muncul secara otomatis. Dimulai dari gosip terbaru, informasi tentang kesehatan, pendidikan, kuliner, dan sebagainya dapat kita temukan secara langsung melalui internet.

Selain dampak positif yang ada, tak lengkap rasanya jika tak membandingkan di kedua sisinya, berikut dampak negatif yang dapat ditimbulkan dalam kemajuan teknologi masa kini :

1.  Akses informasi yang tak terbatas tanpa filter yang tepat
Dikarenakan akses informasi yang tak terbatas, penyaringan informasi pun seolah tersampingkan.  Informasi yang belum diketahui kebenarannya dengan sumber yang tidak kredibel menyebar begitu cepat membentuk opini yang beragam di kalangan masyarakat awam. Belum lagi situs yang menyediakan konten bermuatan hal “dewasa” yang dapat menjadi candu dan kebanyakan berujung kepada hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. Maraknya penipuan online dengan berbagai modus
Salah satu teman saya pernah dimintai tolong oleh kerabatnya di Papua untuk membantu mencarikan alamat di Jakarta  setelah dia mentransfer sejumlah dana pembelian sebuah gadget “murah” dan berkualitas. Setelah melakukan penelusuran, ternyata alamat yang diberikan adalah fiktif.  Terdengar klise memang, tetapi bagi orang polos seperti kerabat teman saya yang hidup di daerah terpencil dengan keterbatasan informasi, hal itu adalah hal yang wajar.

penipuan online

Ada juga pembelian gadget. Ya, lagi-lagi gadget. Memang lancar pada awalnya, tetapi setelah si pembeli mendapatkan barangnya dan membukanya, ternyata isi yang ditemukan adalah 2 buah kotak susu  berukuran sedang . Beberapa saat kemudian nomor HP si penjual pun sudah tidak aktif lagi.

3. Malas untuk bersosialisasi secara nyata dan kurangnya kepekaan sosial
Dampak yang paling terasa menurut saya. Budaya ngobrol, berbincang, bertukar pikiran secara face to face seolah sudah tergantikan oleh peran Instant Messaging. Kadang teman saya lebih memilih untuk berWhatsApp atau berBBM ria ketimbang berbicara langsung dengan saya. Cukup konyol mengingat jarak saya dengannya hanya berkisar 1 meter.

kurang peka sosial

Bertanya pun sekarang menjadi budaya yang cukup jarang ditemui. GPS dapat diandalkan jika kita tersesat, Google/Search Engine lainnya dapat diandalkan jika kita ingin mengetahui beberapa informasi, Translate Google pun dapat menjadi opsi lain ketika kita tak dapat menjangkau kamus terdekat.

Gadget pun seolah mengerdilkan aspek kemandirian kita. HP tertinggal mungkin terdengar seperti “kiamat”. Update status di Path atau upload foto di Instagramnya jadi tertunda. Begitu kata salah satu tetangga saya. Cukup jitu membuat saya geleng-geleng kepala.

4. Perilaku konsumtif dalam pembelian alat alat teknologi
Inovasi yang terus berkembang banyak menghasilkan gadget berkualitas dengan fitur-fitur canggih dan desain yang elegan. Menarik banyak mata untuk sekedar meliriknya. Dari tukang sayur sampai konglomerat pun nampaknya pernah menggunakan Blackberry, Iphone, ataupun Samsung.

perilaku konsumtif

Harga nomor dua. Nomor satu gaul. Toh, cicilan dan promo terus membanjiri produk-produk terbaru yang ditawarkan. Jadi tak salah dong sesekali ngutang? Hmmmm…..

Berikut adalah penjabaran akan dampak positif dan negatif terhadap perkembangan teknologi versi saya. Kemajuan dan perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tak dapat terhindari.  Pada dasarnya teknologi adalah sarana yang diciptakan untuk menjembatani kebutuhan manusia demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri. Tetapi jangan sampai kita terlena dengan kenyamanan yang diberikan dengan hanya menjadi seorang pengguna atau “pengikut”. Inovasi takkan pernah habis. Selalu ada sistem dan produk terbaru yang terus dikeluarkan. Ada baiknya untuk cermat memanfaatkan situasi dan mengambil setiap peluang yang ada, daripada dimanfaatkan situasi dan menutup mata pada peluang yang terbuka.

Artikel oleh: Fersisilia Anggi

Leave a Reply