cara membuat blogger

Dashboard Pada Blogger

Kali ini kita akan mempelajari tentang Dashboard pada blogger yang mngkin hampir sama dengan dashboard pada Wordprees yang masih ada beberapa perbedaan diantaranya. Namun dari gars secara keseluruhan dashboard pada Blgger lebih mudah dipahami di bandingkan dengan dashboard pada WordPress. Mari kita pelajari secara langsung Dashboard Pada Blogger berikut ini :

Dashboard adalah sebuah halaman web dimana kita mengatur blog, sepertii pengaturan, Penulisan artikel, mengatur komentar, mengubah letak tempat, serta memodifikasi halaman blog, dll. Supaya lebih mengenal dashboard blog, berikut screenshoot Dashboard di blogspot :

1

1. Ikhtisar

Ikhtisar adalah keadaan keseluruhan yang memberikan data tentang blog kita setiap hari yang meliputi pembaharuan, komentar, jumlah komentar yang terbit, Penayangan hari ini, jumlah artikel yang ada dalam blog,sampai jumlah pengikut blog kita.

2

2. Pos :

Merupakan menu untuk kita memanage artikel/postingan, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.

3

3. Laman :

Laman merupakan halaman mandiri yang disediakan oleh blogspot, Anda dapat membuat laman yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai halaman statis.

4

4.  Komentar :

Sesuai dengan namanya, menu ini digunakan untuk mengatur komentar, jika ada komentar yang masuk di blog Anda, untuk menampilkan komentar tersebut atau tidak, Anda akan menggunakan menu ini.

5

5. Statistik :

Statistik adalah menu yang menampilkan data pengunjung blog, Anda dapat melihat data pengunjung menurut  hari, dan bulan.

6

6. Tata Letak / Layout :

Menu tata letak, merupakan tampilan blog Anda, mau berbentuk tampilan seperti apa blog Anda, ya diatur di tata letak, fitur-fitur seperti artikel terpopuler, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.

7

7. Template :

Template merupakan sebuah File, yang merupakan penyusun tampilan blog, tampilan blog dapat disesuaikan dengan memodifikasi kode template.

8

8. Setelan :

Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi enam sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar, Seluler dan Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya.

9

Penutup

Dari delapan penjelasan di atas dapat dipahami bebarapa fungsi dashboard pada blogger. Dashboard blogger terkesan lebih mudah dipahami dibandingkan dashboard pada WordPress. Di artikel ini mungkin penjelasan tidak begitu rinci karena akan diperinci di artikel selanjutnya. Sekian semoga bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun masih diharapkan penulis demi lebih baiknya artikel selanjutnya.

3 comments on “Dashboard Pada Blogger

Leave a Reply