tari pecuk kina

Delapan Tarian Suku Dayak

Haii.. sahabat jejaring semua, Dayak adalah sebutan bagi penduduk asli pulau Kalimantan. Suku Dayak terkenal dengan tarian yang eksotik, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang beberapa tarian Suku Dayak.

1. Tari Gantar

Tari Gantar menggambarkan orang yang sedang menanam padi, tongkat yang digunakan sebagai simbol kayu penumbuk padi, bambu dan biji-bijian sebagai simbol benih padi dan wadah benih. Tarian ini dikenal sebagai tarian pergaulan antara muda mudi atau juga untuk menyambut tamu.

tari gantar

2. Tari Kancet Pepatai

Tarian ini disajikan dengan ritme tarian yang sangat gesit, lincah dan penuh semangat. Kostum yang digunakan adalah pakaian tradisional dayak Kenyah lengkap dengan peralatan perang. Tari Kancet Pepatai menggambarkan tentang keperkasaan pria dalam sebuah peperangan.

tari kancet pepatai

3. Tari Gong/Tari Kancet Ledo

Tarian ini biasanya dipertunjukkan pada saat menyambut tamu agung dan upacara menyambut kelahiran bayi kepala suku. Tari Gong menggambarkan kelembutan seorang gadis, pakaian yang biasa digunakan adalah pakaian adat dayak Kenyah dengan baju berwarna cerah dan corak khas dayak.

tari gong

4. Tari Kancet Lasan

Tari Kancet Lasan merupakan tarian tunggal wanita suku dayak Kenyah. Tari Kancet Lasan menggambarkan kehidupan sehari-hari burung yang dimuliakan oleh suku dayak Kenyah yaitu burung Enggang. Tarian ini lebih ditekankan pada gerak-gerak burung Enggang ketika terbang melayang dan hinggap di dahan pohon.

tari kancet lasan

5. Tari Serumpai

Tarian ini dilakukan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit anjing gila, tarian ini diiringi oleh alat musik Serumpai sejenis bambu oleh sebab itu dinamakan Tari Serumpai.

tari serumpai

6. Tari Kuyang

Tarian ini dipercaya untuk mengusir hantu-hantu yang menjaga pohon-pohon besar agar tidak mengganggu manusia yang akan menebang pohon tersebut.

tari kuyang

7. Tari Pecuk Kina

Tarian yang menggambarkan perpindahan suku Dayak yang berpindah-pindah dari daerah Apo Kayan (kab. Bulungan) ke Long Segar (Kab. Kutai Barat) yang memakan waktu bertahun-tahun.

tari pecuk kina

8. Tarian Datun

Tarian Datun diciptakan oleh kepala suku dayak Kenyah di Apo Kayan yaitu Nyik Selung, tarian ini menggambarkan kegembiraan dan tanda syukur atas kelahiran cucunya. Tarian ini dibawakan oleh gadis dayak sebanyak 10-20 orang.

tari datun

Ituah beberapa tarian dari suku dayak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply