elemen perubahan kurikulum 2013

Elemen Perubahan Kurikulum 2013 (bagian 1)

Pada Kurikulum 2013 itu apa saja sih yang berubah? Bagaimana dengan 8 standar nasional pendidikan, apa juga berubah? Kompetensi apa saja yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dengan kurikulum 2013? Bagaimana kedudukan mata pelajaran dengan adanya kurikulum 2013, lebih banyak apa lebih sedikit? Jam pelajarannya tambah panjang apa lebih singkat? Banyak hal yang berubah dalam kurikulum 2013. Di sini akan saya bahas beberapa hal yang mendasar. Selamat menyimak. ­čÖé

Perhatikan diagram berikut.

4elemen

Ternyata di dalam kurikulum 2013 hanya ada 4 elemen perubahan yang mendasar yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Penilaian.

Untuk elemen SKL, semua jenjang pendidikan mulai dari SD sampai dengan SMA/SMK menuntut adanya peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap (afektif, attitude), ketrampilan (psikomotor), dan pengetahuan (kognitif).

Untuk elemen Standar Isi, kedudukan mata pelajaran kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi. Untuk pendekatan yang dilakukan adalah: jenjang SD tematik terpadu dalam semua mata pelajaran, jenjang SMP kompetensi dikembangkan melalui mata pelajaran, jenjang SMA kompetensi dikembangkan melalui mata pelajaran, sedangkan jenjang SMK kompetensi dikembangkan melalui kejuruan (vokasional).

masih berkaitan dengan elemen Standar isi, perhatikan tabel di bawah ini.

4elemen1

Dari tabel di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah mata pelajaran peserta didik lebih sedikit, tapi jumlah jam bertambah menjadi lebih panjang (bisa berarti anak sekolah pulang lebih siang atau menjelang sore hari) ­čÖé . Kita juga bisa melihat bahwa untuk jenjang SMK ada pengurangan untuk mata pelajaran kelompok normatif-adaptif, sedangkan kelompok produktif bertambah.

Untuk elemen Standar Proses, bahwa semua siswa (mulai SD s.d. SMA/SMK) harus memiliki kemampuan untuk mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, bahkan sampai mencipta. Belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas, tapi juga boleh di luar kelas seperti perpustakaan, bengkel sekolah, industri/instansi terkait, dan bahkan masyarakat sekitar. Guru bukan satu-satunya sumber belajar, tapi juga dapat diperoleh dari buku, koran, TV, radio, internet. Dan sikap (attitude) tidak diajarkan secara verbal, tetapi siswa akan lebih banyak melihat dari apa yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan suri tauladan yang baik.

4elemen2

Untuk elemen Standar Penilaian, jika biasanya nilai diambil dari sebuah tes/ujian maka diubah menjadi penilaian yang otentik (mengukur semua kompetensi mulai dari sikap, ketrampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil kerja. Setiap siswa memiliki semua rekaman kegiatan berupa portofolio yang dibuat oleh siswa sendiri sebagai instrumen utama penilaian. Ekstrakurikuler Pramuka akan menjadi wajib pada semua jenjang pendidikan dasar sampai menengah.

4elemen3

Demikian tulisan saya hari ini, untuk bagian 2 akan saya sambung segera. Semoga bermanfaat bagi anda baik anda sebagai guru, siswa, pengawas, pemerhati pendidikan, atau tokoh masyarakat.

11 comments on “Elemen Perubahan Kurikulum 2013 (bagian 1)

  1. ­čÖé Ya Pak. Sesuatu yang baru memang susah untuk menyesuaikan dan memahaminya. Tapi tetap harus dilaksanakan dengan pelan-pelan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Bapak. Terima kasih sudah berkunjung ke sini, jangan lupa untuk berkunjung balik ya.

Leave a Reply