pinguin

Hewan-hewan Yang Hidup Di Daerah Kutub

Hai sahabat jejaring semua. Hari ini saya membahas artikel tentang Kutub. Kutub merupakan daerah terdingin di bumi ini. Pasti kalian semua bingungkan apa ada hewan yang bisa hidup di tempat dingin? Tentu saja bisa. Baiklah ini beberapa hewan yang hidup di kutub.

Kutub Utara

1.    Narwhal
narwhal
Narwhal merupakan Paus yang sering di sebut juga dengan “Unicorn Laut” karena terlihat dia membunyai tanduk seperti kuda Unicorn. Taring yang berbentuk seperti tanduk itu bukanlah alat hewan tersebut, Walaupun makanan hewan tersebut adalah cumi-cumi.

2.    Paus Beluga

paus beluga

Paus beluga merupakan salah satu jenis paus dari jenis paus keluarga Monodontidae, sama seperti Narwhal. Panjang paus tersebut dapat mencapai 5 meter dengan kepala berbentuk seperti melon.

3.    Great Auk

great auk

Great Auk merupakan penguin terbang yang sudah punah pada abad ke-19.

4.    Atlantic Puffin
atlantic puffin
Atlantic Puffin juga termasuk dalam spesies burung laut keluarga Auk. Kemampuan burung ini adalah menyelam untuk mencari ikan, Dan juga makan makhluk laut lainnya. Burung ini mempunyai julukan sebagai “Badut laut” atau “Burung Beo laut”.

5.    Burung Hantu Salju
burung hantu salju
Burung hantu ini mempunyai ciri berbulu putih dengan corak hitam-hitamnya. Burung hantu ini sama seperti spesies burung hantu peliharaan Harry Potter.

6.    Angsa Tundra
angsa tundra
Angsa Tundra bermigrasi ke Alaska setiap musim semi untuk membangun sarang dan bertelur. Pada musim gugur, spesies ini bermigrasi ke Timur Laut Amerika Serikat, di sepanjang pantai Atlantik dari North Carolina kemudian ke Maryland.

7.    Wolverine
wolverin
Wolverine mungkin dalam pikiran anda adalah karakter dalam film X-Men. Tetapi Wolverine juga nama hewan, loh. Hewan ini termasuk dalam jenis musang. Hampir sama seperti Wolverine dalam film tersebut. Hewan ini memiliki cakar di tangannya. Tetapi bukan untuk berburu. Melainkan digunakan untuk menggali dan memanjat.

8.    Lynx Kanada
lynx kanada
Hewan ini sejenis dengan kucing lainnya. Namun yang membedakannya adalah kakinya. Kucing ini memiliki kaki panjang untuk mempermudah hewan ini berjalan melewati salju. Makanan utama mereka adalah kelinci snowshoe, sepupu dari kelinci Arktik.

9.    Kelinci Arktik
kelinci arktik
Kelinci ini saat musim dingin bulunya berubah menjadi putih. Tetapi saat musim panas Kelinci ini berbulu Coklat ke abu-abuan. Kelinci Arktik ini sudah teranjam mulai punah.

10.    Rubah Merah
rubah merah
Sesuai namanya hewan ini termasuk dengan jenis rubah. Hewan ini mempunyai kulit coklat kemerahan. Makanya hewan ini di sebut rubah merah.

11.    Rubah Arktik
rubah arktik
Rubah ini memiliki ciri-ciri berbulu putih. Untuk membantunya berkamuflase dalam lingkungannya. Hewan ini sudah termasuk hewan yang terancam punah.

12.    Beruang Kutub
beruang kutub
Beruang Kutub (polar bear) atau beruang es atau dalam nama ilmiahnya Ursus Maritimus adalah mamalia besar dalam aturan marga keluarga biologi Ursidae. Dia termasuk spesies circumpolar yang terdapat di sekitar benua paling utara bumi, yaitu benua Artik dan termasuk beruang paling karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang kutub kadang-kadang juga diklasifikasi sebagai mammalia laut.

13.    Rusa Karibu
rusa karibu
Ini adalah spesies rusa satunya, di mana kedua perempuan dan laki-laki memiliki tanduk. Karibu dilindungi di bawah Endangered Species Act.

Kutub Selatan

1.    Pinguin

pinguin

Pinguin juga termasuk dalam spesies burung, namun tidak bisa terbang. Di kutub Selatan ada 4 jenis penguin: Emperor, Adelie, Chinstrap, dan Getoo. Pinguin mempunyai tubuh yang membantu berenang dan menyelam dengan mudah.

2.    Anjing Laut

anjing laut

Ada 5 spesies anjing laut yang hidup di benua antartika, yaitu Waddle, Ross, Crabeater, Leopard dan Fur. Makanan mereka adalah ikan, krill dan cumi-cumi, dan berburu mangsanya menggunakan echolocation sejenis “penglihatan” yang menggunakan gelombang sonar untuk mencari makanan.

3.    Ikan Paus

ikan paus

Di Antartika ada empat spesies paus Baleen (paus yang lebih besar yang memiliki dua lubang sembur) dan dua jenis paus bergigi (yang berburu mamalia besar seperti cumi dan ikan besar). Mereka tinggal dan makan di Antartika saat musim dingin dan bermigrasi jauh ke Artik (kutub Utara) untuk berkembang biak selama musim panas.

Itulah tadi hewam yang hidup di daerah kutub. Semoga bermanfaat yah !!

Leave a Reply