merak hijau

Hewan Langka Di Indonesia

Bismilah… hai sahabat jejaring saya akan memberi sedikit informasi tentang hewan-hewan yang sudah langka atau jarang dijumpai di indoneisa.

Beberapa hewan yang sudah langka ke beradaanya :

1. Badak Bercula Satu

badak bercula satu

Badak bercula satu ini hampir terancam keberadaannya, karena badak ini sering diburu untuk diambil culanya yang digunakan untuk pengobatan atau hanya sekedar untuk bisnis saja. Saat ini jumlah populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon diperkirakan tinggal 60 ekor saja. Kita bisa menemukannya hanya di Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Banten.

2. Orang Utan

orang utan

Orang Utan ini menjadi langka karena beberapa faktor antara lain, kerusakan hutan dan perubahan hutan menjadi ladang, pabrik, dan perumahan. Di Sumatra jumlahnya diperkirakan sekitar 200 individu. Orang Utan telah dilindungi di Sumatra dengan peraturan perundang-undangan sejak tahun 1931, yang melarang untuk memiliki, membunuh atau menangkap Orang Utan.

3. Harimau Sumatera

harimau sumatra

Harimau ini hanya dapat ditemukan secara eksklusif di pulau Sumatera, Indonesia. Dan kini jumlah populasinya tidak lebih dari 400 ekor. Hal ini dibuktikan dengan kian sulitnya mendapatkan bukti kehadiran harimau yang tinggal di wilayah 40 mil persegi. Butuh waktu rata-rata 590 untuk mendapatkan gambar masing-masing individu harimau. Dari 21 kota yang dikunjungi Profauna, 10 kota di antaranya ditemukan adanya perdagangan bagian tubuh harimau (48 %). Bagian tubuh harimau yang diperdagangkan meliputi kulit, kumis, cakar, ataupun opsetan utuh.

4. Komodo

komodo

Komodo merupakan jenis kadal raksasa yang asli dari Indonesia. Salah satu faktor kepunahan komodo adalah penjualan ilegal yang dilakukan di pasar gelap.  Pembangunan tempat wisata besar-besaran akan membuat habitat Komodo sebagai hewan langka terusik dan akhirnya terpinggirkan oleh banyaknya aset-aset wisata yang berdiri di mana-mana. Secara keseluruhan, jumlah komodo yang masih hidup diperkirakan 2.500 ekor saja, yang tersebar di Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Gili Motang.

5. Jalak Bali

jalak bali

Burung yang cantik ini sudah mulai berkurang jumlah populasinya dikarenakan pemburuan oleh manusia semakin banyak. Tidak heran burung ini menjadi langka karena menjadi incaran para pemburu untuk diperjualbelikan. Burung ini asli endemik Indonesia yang hanya bisa dijumpai di Bali. Diperkirakan jumlah Jalak Bali saat ini sekitar 1.000 ekor saja.

6. Merak Hijau

merak hijau

Merak Hijau memiliki bulu yang sangat indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran amat besar, panjangnya bisa mencapai 300cm. Dengan penutup ekor yang amat panjang. Di atas kepalanya ada jambul tegak. Burung betina memiliki ukuran yang lebih kecil dari burung jantan. Burung jantan memiliki bulu yang kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan serta tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Di Pulau Jawa jumlah Merak Hijau hanya sekitar 800 ekor saja.

7. Elang Jawa

elang jawa

Burung jenis ini memiliki ciri-ciri berupa jambul di kepalanya. Keberadaannya di alam sudah sangat sulit untuk kita jumpai. Jika ingin melihat, kita bisa melihatnya di penangkaran atau kebun binatang namun, dari hasil pendataan ulang pada 2010, jumlahnya berkurang 110 pasang atau 22 pasang setiap tahun, sehingga jumlahnya menjadi 325 pasang. Populasi Elang Jawa terbanyak ditemukan di Gunung Halimun, Salak, dan Gede Pangrango, serta beberapa gunung berapi di Pulau Jawa. Salah satunya di Gunung Ciremai. Dari pendataan terakhir, kini hanya tersisa lima pasang.

8. Anoa

anoa

Anoa berasal dari daerah Sulawesi. Dari tahun ke tahun, populasinya selalu menurun, tidak ada peningkatan. Bahkan, di beberapa daerah di Sulawesi keberadaan Anoa sudah tidak ada. Habitat Anoa adalah di hutan-hutan. Satwa liar kategori langka itu kini diperkirakan berjumlah kurang dari 1.000 ekor saja.

9. Beruang Madu

beruang madu

Beruang Madu terdapat di hutan-hutan Sumatra. Jumlah populasinya dari tahun ke tahun selalu menurun. Walapun jenis beruang, beruang madu sering makan buah-buahan dan juga madu. Perbedaan dengan jenis beruang lain ialah bentuk tubuhnya yang kecil dan terdapat garis kuning berbentuk cincin di antara dada dan lehernya. Populasi Beruang Madu tinggal 50 ekor saja.

10. Babi Rusa

babi rusa

Jumlah satwa langka itu menurun dari sekitar 500 ekor pada tahun 1980-an menjadi 200-an ekor pada 2010. Perdagangan daging Babi Rusa dan perambahan hutan menjadi penyebab utama.

2 comments on “Hewan Langka Di Indonesia

Leave a Reply