axolotl

Hewan Laut Yang Aneh

Hai sahabat jejaring, di sini saya aka memperkenalkan macam-macam hewan aneh yang ada di dalam laut.

1. The Hatchetfish

Hatchetfish

Hatchetfish adalah bukti bahwa kita tidak perlu gigi tajam atau mata bersinar merah untuk menjadi seram. Ikan ini ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia, memakan makhluk-makhluk yang lebih kecil di jurang, seperti copepoda (sejenis Crustaceae) spesies terbesar yang dikenal hanya berukuran 12 cm.

2. The Blobfish

blobfish

Blobfish dideskripsikan sebagai ikan bertubuh besar mirip dengan kecebong, berkulit lentur seperti jeli, berhidung besar, dan memiliki mata hitam besa. Jika diperhatikan lebih seksama, wajah blobfish tampak seperti wajah seseorang yang murung dan bersedih. Lendir yang keluar dari wajahnya bahkan terlihat seperti air mata yang menetes, tubuh blobfish pada umumnya memiliki panjang rata-rata 12 inci. Makanan utama dari ikan ini adalah kepiting dan lobster. Blobfish bisa ditemukan di perairan sebelah tenggara Australia dan Tasmania pada kedalaman 2.000 sampai 4.000 kaki di bawah laut.

3. Axolotl

Axolotl

Axolotl  adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini kadang disebut juga sebagai “Mexican Walking Fish” sebab ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki akan tetapi, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm.

4. Frilled Shark

Frilled Shark

Frilled shark atau hiu berjumbai ini adalah hewan yang langka di dunia. Ikan ini pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 2007 dan sering kali beredar di kedalaman 500 meter sampai 1.500 meter. Sesuai dengan namanya hiu ini terdapat jumbai yang melekat pada ingsangnya yang berjumlah enam pasang makanya hewan ini dinamakan hiu berjumbai.

5. Ikan Sungut Ganda

ikan sungut ganda

Ikan Sungut Ganda adalah ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan dari ordo Lophiiformes terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar.

6. Naga Laut Berdaun

naga laut berdaun

Naga laut berdaun lebat (Phycodurus Eques) dan naga laut berdaun jarang (Phyllopteryx Taeniolatus). Naga laut memiliki moncong tipis dan sangat panjang, batang yang ramping tercangkup dalam lingkaran tulang serta ekor yang tipis sehingga tidak dapat digunakan sebagai jangkar untuk bertahan di suatu tempat. Naga laut berdaun banyak umumnya berwarna coklat hingga kuning, dengan pelengkap warna zaitun yang spektakuler dalam tubuhnya. Untuk naga laut berdaun jarang, biasanya berwarna kemerahan dengan bintik kuning.

7. The Goblin Sherk

The Goblin Sherk

Goblin Shark adalah hiu dari famili Mitsukurinidae. Dan nama latin dari hiu ini adalah M. owstoni, dimana “M” untuk Mitsukurinidae. Hiu ini adalah hiu perairan dalam, dimana hiu tersebut adalah satu-satunya hiu yang ada di famili Mitsukurinidae. Yang paling mencolok dari makhluk ini adalah sebuah jidat yang panjang dan berbentuk seperti sekop. Beberapa keunikan lain dari hiu ini adalah warnanya yang merah muda atau pink, tubuh yang panjang dan rahang yang menjulur ke luar.

8. The Sea Cucumber

the sea cucumber

Echinodermata menjijikkan ini semoga tak mengguncang pikiran kita. Tak memiliki otak sungguhan dan organ sensorik apapun. Namun, teripang memegang peranan penting. Ekosistem laut kerjanya adalah mendaur ulang nutrisi dan memecah detritus yang masuk.

9. The Flamingo Tongue Snail

The Flamingo Tongue Snail

The Flamingo Tongue Snail, Cyphoma gibbosum, adalah anggota dari filum Mollusca, yang juga berisi gurita, tiram dan Chitons. C. gibbosum adalah anggota dari kelas Gastropoda, yang siput laut dengan shell dan tanpa shell atau shell berkurang anggota subclass Prosobranchia menjelaskan beberapa jenis siput laut dalam hal anatomi mereka prosobranchia berarti “insang di depan jantung”. C. gibbosum adalah dari Ovulidae keluarga yang umumnya dikenal sebagai cowries ovulids memiliki halus, kulit mengkilap dengan aperture panjang.

10.  Dana Octopus Squid

Dana Octopus Squid

Hewan ini disebut juga Taningia danae atau kalau dalam bahasa Indonesia mungkin cumi gurita Dana. Pada tahun 2005, sebuah tim peneliti di Jepang berhasil menemukan T.danae di perairan laut dalam Chichi-jima di Samudera Pasifik bagian utara. T.danae bisa memancarkan cahaya yang berfungsi untuk menyerang mangsanya.

Leave a Reply