homogen database terdistribusi

Homogen Sistem Basis Data Terdistribusi

Sebuah sistem basis data terdistribusi homogen (Homogenous distributed database) adalah jaringan dari dua atau lebih Oracle Database yang berada pada satu komputer atau lebih. Sebuah aplikasi secara bersamaan dapat mengakses atau memodifikasi data dalam beberapa database dalam lingkungan terdistribusi tunggal.

homogen database terdistribusi
Gambar 1. Contoh sistem basis data terdistribusi homogen

Gambar 1 menggambarkan sistem terdistribusi yang menghubungkan tiga database: ORACLE1, ORACLE2, dan ORACLE0. Sebagai contoh, satu query dari klien Manufaktur pada database lokal ORACLE2 dapat melakukan join data antara tabel PRODUK pada database lokal dan tabel DEPT yang ada pada database ORACLE1 (remote access).

Untuk aplikasi client, lokasi dan platform database yang transparan. Satu juga dapat membuat sinonim untuk objek remote di sistem terdistribusi sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan sintaks yang sama sebagai obyek lokal. Sebagai contoh, jika seseorang terhubung ke database ORACLE2 belum ingin mengakses data pada database ORACLE1, maka diciptakan sinonim pada ORACLE2 untuk remote tabel DEPT dan memungkinkan seseorang untuk menggunakan query ini:

Dengan cara ini, sistem terdistribusi memberikan penampilan akses data asli. Pengguna pada ORACLE2 tidak perlu tahu bahwa data yang mereka akses berada pada remote database.
Sebuah sistem database Oracle terdistribusi dapat menggabungkan Oracle database versi yang berbeda. Semua dukungan yang dirilis dari Oracle dapat berpartisipasi dalam sistem basis data terdistribusi. Meskipun demikian, aplikasi yang bekerja dengan database terdistribusi harus memahami fungsi yang tersedia di setiap node dalam system. Misalnya, aplikasi database terdistribusi tidak bisa mengharapkan database Oracle7 untuk memahami ekstensi SQL objek yang hanya tersedia dengan Oracle8i.

Dalam sebuah database terdistribusi homogen memiliki ciri :

  • Semua situs memiliki software yang identik
  • Menyadari satu sama lain dan setuju untuk bekerja sama dalam pengolahan permintaan pengguna.
  • Setiap situs menyerahkan bagian otonomi dari segi hak untuk perubahan skema atau software.
  • Akan tampak pada pengguna sebagai sistem tunggal.

Sedangkan dalam sebuah database terdistribusi heterogen memiliki ciri :

  • Situs yang berbeda mungkin menggunakan skema dan software yang berbeda
  • Perbedaan dalam skema adalah masalah utama untuk pemrosesan query.
  • Perbedaan software adalah masalah utama untuk pengolahan transaksi.
  • Situs mungkin tidak menyadari satu sama lain dan hanya dapat memberikan fasilitas terbatas untuk kerjasama dalam pengolahan transaksi.

One comment on “Homogen Sistem Basis Data Terdistribusi

Leave a Reply