Hubungan Penggunaan Kekuasaan Kepala Sekolah dengan Prestasi Kerja Guru

ABSTRAK

Sukadji, 2000: Hubungan Penggunaan Kekuasaan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Prestasi Kerja Guru pada SMK Swasta Teknologi Industri di Kabupaten Kanjuruhan. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Kata kunci: kekuasaan, kepemimpinan kepala SMK swasta, prestasi kerja guru.

Seorang pemimpin dalam suatu organisasi memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi yang dipimpinnya. Perilaku seorang pemimpin dalam memimpin organisasi dapat dilihat dari bagaimana dia menggunakan kekuasaan terhadap bawahannya sehingga mampu meningkatkan prestasi kerjanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan kekuasaan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru pada SMK swasta teknologi industri di Kabupaten Kanjuruhan.

Ada lima tipe penggunaan kekuasaan, yaitu kekuasaan paksaan, kekuasaan legitimasi, kekuasaan keahlian, kekuasaan penghargaan dan kekuasaan referensi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kekuasaan yang paling tinggi adalah kekuasaan keahlian berpengaruh sangat signifikan terhadap prestasi kerja guru, jika dibandingkan dengan penggunaan kekuasaan paksaan, kekuasaan legitimasi, kekuasaan penghargaan dan kekuasaan referensi. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, saran-saran yang dapat dikemukakan untuk meningkatkan prestasi kerja guru:

  1. kepala sekolah harus berhati-hati dalam penggunaan kekuasaan paksaan, karena penggunaan kekuasaan ini belum tentu menghasilkan komitmen dan hanya dapat menghasilkan kepatuhan,
  2. dalam membuat kebijakan, seorang kepala sekolah seharusnya melibatkan guru untuk meningkatkan komitmen,
  3. kepala sekolah hendaknya senantiasa meningkatkan keahliannya agar tidak ketinggalan ilmu pengetahuan dan dapat menurunkan kepakarannya,
  4. kepala sekolah dalam memberikan penghargaan hendaknya didasarkan aturan/kriteria yang jelas sehingga terjadi keadilan dan perasaan yang ikhlas diantara para guru,
  5. kepala sekolah hendaknya dapat mempertahankan kekuasaan yang dimiliki dan bervariatif penggunaannya sesuai dengan kebutuhan organisasi maupun kebutuhan para guru, sehingga prestasi kerja guru meningkat.

Apabila Anda membutuhkan file proposal tesis lengkap mulai dari Bab 1, 2 dan 3 silakan klik link berikut ini. Password untuk meng-ekstrak filenya silakan kirim email dulu ke [email protected]

Leave a Reply