Instrumen Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan

Tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional Guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.

Standar merupakan kriteria minimal yang harus dipenuhi. Untuk memastikan bahwa seluruh kriteria standar terpenuhi memerlukan pengukuran. Hasil pengukuran sebagai bahan perbaikan mutu yang digunakan untuk:

  1. mendorong sekolah untuk dapat menyelenggarakan pendidikan agar mencapai kriteria sesuai standar nasional.
  2. memberikan arahan dalam melakukan pembaharuan sekolah untuk memenuhi standar nasional pendidikan serta memiliki keunggulan
  3. memberikan pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan keunggulan sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkannya,
  4. meningkatkan kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholders pendidikan di SMA/SMK baik di tingkat satuan pendidikan, daerah, nasional dan internasional

Pengawasan sekolah bertujuan untuk memfasilitasi sekolah meningkatkan mengembangkan sistem penjaminan mutu dalam memenuhi standar nasional pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan umum tersebut diusahakan melalui peningkatan beberapa pencapaian tujuan khusus tujuan pengawasan sebagai berikut:

  • Terhimpun data kinerja sekolah dalam memenuhi SNP.
  • Terlaksana pembinaan kepala sekolah dan guru dalam memecahkan permasalah nyata dalam pekerjaan dengan menggunakan hasil analisis kebutuhan nyata kepala dan guru dalam meningkatkan efektivitas kinerja secara berkelanjutan.
  • Tersusun informasi tentang perkembangan sistem pengelolaan sekolah sebagai dasar untuk meningkatkan kinerja pengelolaan.
  • Tersusun informasi tentang perkembangan sistem pembelajaran sebagai dasar untuk meningkatkan kinerja perbaikan mutu lulusan.

Taget pengawasan secara umum ialah meningkatnya efektivitas pemantauan, penilaian, dan pembimbingan berdampak terhadap peningkatan kapasitas ilmu pengetahuan, teknologi, sikap dan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan
dalam meningkatkan efektivitas pengawasan mencapai tujuan dan target yang ditetapkan yang ditandai dengan:

  1. Meningkatnya kinerja sekolah dalam penerapan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran untuk mencapai target SKL
  2. Meningkatnya penacapaian target sesuai dengan target kinerja tiap bidang kegiatan sesuai target satuan pendidikan.
  3. Meningkatnya motivasi, pengetahuan, dan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas pelayanan pendidikan.
  4. Meningkatnya efektivitas pengalokasian sumber daya yang sekolah miliki.
  5. Mengembangnya budaya mutu melalui perbaikan mutu berkelanjutan.

Untuk melengkapi pekerjaan Pengawas Sekolah dalam melakukan supervisi, silakan di-unduh Instrumen  Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan dari link berikut ini.

2 comments on “Instrumen Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan

Leave a Reply