php

Kekurangan dan Kelebihan PHP

Banyak programer PHP yang belum mengenal sejarah PHP. Melalui artikel sederhana ini, saya ingin menjelaskan sekilas tentang PHP. Pada awalnya PHP ini di buat oleh seorang yang bernama Rasmus lerdorf ditahun 1994. PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tool”, kemudian diganti menjadi FI “Forms Interpreter”. Selanjutnya nama bahasa ini di ubah menjadi PHP (Hipertext Preprocessor).

phpPHP adalah script yang menyatu dengan HTML dan ada diserver. Bahasa ini bisa mengubah halaman halaman web yang jauh lebih dinamis. Tujuan utama pada PHP yaitu agar seorang perancang web dapat menulis halaman web yang jauh lebih dinamik dengan cepat. Bahasa pemrograman ini perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh web server sehingga dapat menghasilkan kode HTML yang dikirim ke browser dapat ditampilkan. Program ini termasuk pemrograman yang  berbasis web yang mudah di pahami dari pada bahasa pemrograman yang lain. Tetapi PHP tidak bisa di akses secara langsung tanpa adanya web server. Sintak dalam PHP harus di awali dengan <?php dan harus diakhiri dengan ?>.

Pemrogaman ini juga di dukung oleh beberapa tipe data seperti: Integer, String, Float / Double.Boolean, dll

Baris perintah Pemrograman ini adalah suatu sintak yang terdiri dari satu line yang harus diakhiri dengan titik koma (;). Ada pula beberapa kelebihan dan kekurangan dalam bahasa pemrograman php ini. Berikut beberapa kelebihan dari php:

Bisa membuat web kita menjadi lebih dinamis.

  • Load yang Cepat.
  • Bahasa pemrograman yang gratis dengan banyak editor, termasuk notepad
  • Mudah dipelajari, disamping dukungan komunitas, juga dukungan buku pembelajaran.

Itulah beberapa kelebihan dari PHP. Berikut kekurangan dari php:

  1. Bukan bahasa yang ideal untuk pengembangan berskala besar.
  2. Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic dengan baik.
  3. Tidak memiliki system pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya.
  4. Dan lain-lain.

Demikian penjelasan singkat saya tentang PHP, kelebihan PHP, & kekurangan PHP. Semoga dengan artikel yg singkat ini bisa bermanfaat bagi semua orang, dan dapat mempelajari PHP dengan lebih mudah dan memperkaya sumber daya manusia Indonesia dibidang pemrograman web.

One comment on “Kekurangan dan Kelebihan PHP

Leave a Reply