Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas dan Cara Pembuatannya Menggunakan Kertas Koran

Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas dan Cara Pembuatannya Menggunakan Kertas Koran

Kertas koran, tentu saja Anda sudah familiar dengan satu jenis kertas dan pada umumnya berisi informasi. Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda jika kertas koran mampu menjadi satu barang unik dan memiliki nilai jual tinggi. Satu kerajinan tangan dari bahan bekas dan cara pembuatannya menggunakan kertas koran kini sudah banyak dilakukan untuk menambah pemasukan keluarga atapun menjadi satu bidang usaha.

Mengingat banyaknya jumlah pembaca koran di Indonesia tentu menjadi satu pangsa pasar yang menarik dan berpotensi tinggi. Kenapa bisa demikian karena kerajinan tangan dari koran bekas tersebut sangat diminati di luar negeri untuk barang pajangan sekaligus sebagai langkah dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Banyak orang mencoba terjun membuat bentuk dari koran bekas tersebut untuk menjadi satu desain unik dan bernilai tinggi. Tidak sedikit dari bahan kertas koran dibentuk menjadi sebuah tas, tempat pensil ataupun tong sampah.

Satu kerajinan tangan dari bahan bekas dan cara pembuatannya tersebut memiliki tahapan untuk bisa menjadi satu bentuk menarik dan unik. Lalu bagaimana cara membuat satu benda unik dari kertas koran bekas?

Bentuk Kerajian Tangan Dari Koran Bekas

Bentuk Tempat Pensil

Untuk membuat satu kerajinan tangan dari kertas koran bisa dengan membentuk tempat pensil. Membuat tempat pensil sedikit rumit karena membutuhkan beberapa anyaman. Cara pertama gulung beberapa helai kertas koran sampai berbentuk pipih dan panjang. Rekatkan menggunakan lem dan anyam menjadi bentuk tempat pensil. Langkah terakhir lapisi semua bagian menggunakan cat warna dan lumuri lagi menggunakan lem agar tidak lepas.

Bentuk Tas

Membentuk tas wanita dari kertas koran membutuhkan ketelitian dalam menganyamnya. Maka dari itu buatlah pola dahulu dari kardus untuk memudahkan dalam membuat alas tas. Tidak berbeda jauh dalam membentuk tempat pensil, membentuk tas juga dilakukan dengan tahapan menggulung kertas koran menjadi bentuk pipih dan panjang lalu memberi lapisan lem dan menganyamnya. Dalam membuat tas harus menonjolkan setiap detail dan warna agar lebih menarik.

Beberapa bentuk dari kerajinan tangan dari bahan bekas dan cara pembuatannya di atas bisa Anda coba dirumah dan hasilkan pundi-pundi uang dari benda unik tersebut.

 

Leave a Reply