promo

Lima Komponen Pendukung Penting Untuk Memajukan Bisnis UKM Anda

Perkembangan bisnis yang belakangan ini semakin menggeliat menimbulkan tren positif bagi banyak orang untuk mulai menjalankan bisnisnya. Bisnis UKM yang belakangan ini muncul pun semakin beragam dengan inovasi-inovasi yang menarik. Tetapi kebanyakan dari mereka terkadang melupakan beberapa hal yang harus ada dan cukup berguna untuk dapat mendongkrak popularitas bisnis mereka.  Berikut adalah 5 komponen pendukung yang sebaiknya ada untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam bisnis anda.

lima

1. Point of Sale

point of sales

Point of Sale (POS) merupakan sistem kasir yang berguna untuk mencatat transaksi akuntansi dan penjualan pada usaha retail. POS merupakan versi modern mesin kasir cash register yang dapat memudahkan pemilik toko retail untuk merekam dan memantau data aktivitas penjualan toko retailnya. Bahkan beberapa POS seperti POS yang satu ini, menggunakan sistem cloud dengan beberapa fitur tambahan seperti purchasing (pembelian), inventory (stock), dll. Dimana data klien diintegrasikan dan dikirim melalui internet.

2. Website/Blog

weblog

Mempunyai toko online merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk kebutuhan advertising dimana pangsa online semakin berkembang luas menjangkau konsumen. Website/blog merupakan salah satu media yang cukup efektif untuk memasarkan produk kita dengan jangkauan konsumen dengan pangsa pasar global.

3. Promosi Diskon

promo

Promosi berbentuk diskon juga penting dilakukan untuk mengenalkan bisnis kita kepada khalayak umum. Beberapa promo diskon menarik seperti “Beli 1 Gratis 1” dsb, sudah pasti akan menarik minat pelanggan setidaknya untuk melihat jenis produk apa yang kita tawarkan.

4. Tagline Unik

tagline unik

Banyak yang melupakan komponen pendukung satu ini. Toh, dengan banyaknya produk yang diupload dan beragam sentuhan inovasi menarik pada produk/jasa akan menambah banyak pelanggan. Tapi ternyata penggunaan tagline yang unik juga dapat memberikan ciri khas bisnis kita kepada pelanggan. Dimana yang lainnya berlomba-lomba untuk membanting harga semurah mungkin, tentu kita juga punya cara tepat untuk menarik pelanggan dengan ciri khas kita yaitu dengan menggunakan tagline yang unik.

5. Mesin EDC

mesin edc

Mesin EDC juga penting ada untuk memberikan pilihan kepada pelanggan dalam menyediakan metode pembayaran yang beragam. Dimana tradisi “cashless” dengan menggunakan kartu baik debit maupun kredit makin meningkat akhir-akhir ini. Selain dapat meningkatkan prestige, penggunaan mesin EDC juga dapat memudahkan pengaturan transaksi perputaran siklus keuangan bisnis kita.

Penulis : Fersisilia Anggi

Leave a Reply