rumah tongkonan

Lima Rumah Adat Indonesia Yang Unik

Hai, sahabat jejaring. Rumah merupakan tempat kita menetap dan menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa rumah adat di Indonesia.

1. Rumah Gadang

Rumah Gadang merupakan rumah adat Minangkabau yang juga disebut Rumah Godang. Uniknya rumah ini memiliki ketentuan jumlah kamar tergantung pada jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Rumah ini juga memiliki keunikan bentuk arsitektur dengan puncak atap runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dinding yang terbuat dari bahan papan penuh ukiran.

rumah gadang

2. Rumah Honai

Adalah rumah khas Papua setinggi 2,5 meter, Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah Honai ini sempit dan tidak mempunyai jendela agar dapat menahan udara dingin pegunungan Papua. rumah honai

3. Rumah Mbaru Niang

Rumah Mbaru Niang merupakan rumah adat yang berada di Pulau Flores Indonesia. Rumah ini sangat unik berbentuk kerucut dengan atap hampir menyentuh tanah dan memiliki 5 lantai yang tingginya 15 meter yang setiap lantai memiliki fungsi sendiri-sendiri.

rumah mbaru niang

4. Rumah Temukung

Rumah Temukung adalah rumah adat yang dikembangkan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Rumah ini mempunyai atap yang menyerupai perahu terbalik, tangga berbentuk segi empat yang jumlah anak tangganya bergantung tinggi rendah tangga tersebut, rumah ini juga memiliki dinding tegak lurus.

rumah temukung

5. Rumah Tongkonan

Rumah Tongkonan merupakan rumah adat masyarakat Toraja yang mempunyai atap menyerupai perahu yang terdiri dari susunan bambu. Tongkonan juga digunakan untuk menyimpan mayat.

rumah tongkonan

Leave a Reply