lap bersih untuk perawatan periferal

Melakukan Perawatan dan Perbaikan Periferal

Periferal komputer adalah peralatan pendukung dari sebuah PC. Kadang periferal tidak bekerja sesuai fungsinya atau rusak. Agar dapat melakukan perawatan dan perbaikan pada periferal maka perlu disusun langkah-langkah persiapan perawatan dan perbaikan sebagai berikut :

  1. Siapkan alat-alat bantu yang akan digunakan untuk perawatan dan perbaikan,
  2. Mendiagnosa kerusakan yang terjadi,
  3. Menemukan cara melakukan perawatan dan perbaikan periferal tersebut,
  4. Lalau lakukan perawatan dan perbaikan periferal

Untuk melakukan perawatan dan perbaikan periferal, dibutuhkan juga beberapa alat bantu sebagai berikut :

  1. Obeng
  2. Tang
  3. Kuas
  4. Kain kering atau tisu dan cairan pembersih
  5. Penyedot debu mini / vacum cleaner

Periferal komputer adalah alat pendukung dari sebuah Personal Computer (PC). Umumnya periferal meliputi keyboard, mouse, monitor, dan printer. Masalah yang sering dialami periferal umumnya disebabkan karena debu, percikan air, dan kotoran. Untuk membersihkannya dapat menggunakan peralatan dan bahan yhang sederhana yaitu :

A. Obeng

Obeng adalah alat yang penting untuk melakukan perbaikan periferal. Obeng berguna untuk membongkar dan memasang periferal unyuk dilakukannya perbaikan. Obeng ada macam-macamya : obeng (+), obeng (-), dan obeng bintang/kembang. Untuk melakukan perbaikan periferal, dipersiapkan obeng berbagai ukuran.

obenk

B. Tang

Agar dapat melakukan perbaikan periferal, dapat digunakan tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil.

tank

Tang Kombinasi                      Tang Cucut

C. Kuas

Kuas merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang tertinggal dalam periferal.

kuas

D. Penyedot debu mini

Penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat ukuran yang beragam, disesuaikan dengan luas sempitnya sudut-sudut pada periferal. Alat ini tepat digunakan untuk membersihkan keyboard, fentilasi udara pada monitor dan pada fas atau kipas. Dan sangat baik digunakan untuk membersihkan rangkaian motherboard atau papan induk.

sedot mini

E. Kain kering atau tisu dan cairan pembersih

Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat kotoran dari jenis minuman ringan (softdrink), tinta atau air hujan yang masih belum mengering. Tisu atau kain kering kotoran cair dapat berbahaya jika tidak segera dibersihkan dapat menghantarkan arus listrik sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada periferal. Tisu dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada catridge printer inkjek, karena sifatnya yang mudah menyerap cairan. Dan cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering , contohnya percikan dari tinta printer. Digunakan pada layar monitor, casing, body monitor, dan body printer.

kain

Leave a Reply