firewall

Memahami Firewall

Untuk meningkatkan keamanan jaringan komputer dibutuhkan suatu metode pengamanan jaringan yang dinamakan firewall. Firewall merupakan sebuah cara yang efektif untuk melindungi sistem dari ancaman keamanan jaringan komputer dari luar. Firewall perlu kita terapkan dan kita jaga tingkat keamanannya karena akan mempersempit celah keamanan yang biasa digunakan oleh para hacker maupun cracker untuk memasuki sebuah sistem.

Firewall kita gunakan untuk membatasi akses antara dua jaringan yang saling terhubung yaitu antara jaringan internal dengan jaringan yang lebih global (internet). Firewall diletakkan diantara kedua jaringan tersebut, sehingga semua informasi yang ke luar maupun yang masuk harus melewati firewall.

Tujuan utama firewall adalah menjaga agar akses internal maupun eksternal dari orang yang tidak berwenang tau tidak mempunyai akses tidak dapat dilakukan. Firewall merupakan suatu cara yang efektif untuk melindungi jaringan dan ancaman gangguan lewat internet. Selain itu, firewall dalam jaringan komputer membatasi dan menjaga kerusakan pada satu bagian jaringan agar tidak menyebar ke bagian lain dalam jaringan.

Firewall mempunyai beberapa tugas penting, yaitu:

  • Melakukan filtering
    Mengharuskan semua traffic yang ada untuk dilewatkan melalui firewall bagi semua proses pemberian dan pemanfaatan layanan informasi. Jadi semua aliran paket data dari dan menuju firewall, diseleksi berdasarkan nomor IP address, alamat port, maupun arahnya.
  • Mengimplementasikan kebijakan security
    Dalam suatu jaringan, firewall harus dapat mengetahui siapa saja yang boleh masuk atau mengakses suatu sistem. Apabila akses tersebut tidak diperbolehkan (illegal), maka firewall harus berupaya menggagalkan akses tersebut sesuai dengan kebijakan security yang telah diberikan.
  • Sebagai alat perekam
    Firewall juga harus dapat mencatat atau merekam semua informasi atau peristiwa-peristiwa mencurigakan yang telah masuk ataupun ke luar melaluinya. Hal ini dapat memperingatkan administrator terhadap usaha-usaha apa saja yang dapat membahayakan sistem tersebut.

Konfigurasi dari firewall bergantung kepada kebijaksanaan security (security policy) yang digunakan, yaitu:

  • Permitted
    Semua konfigurasi yang diperbolehkan untuk mengakses dan masuk pada sistem. Segala fasilitas yang ada pada sistem dapat dipergunakan oleh pengguna luar dengan syarat tidak melampaui dari batas-batas yang diperbolehkan oleh firewall tersebut.
  • Prohibitted
    Semua konfigurasi yang tidak diperbolehkan untuk mengakses dan masuk pada sistem. Semua akses yang mencoba untuk memasuki sistem akan dicegah oleh firewall agar keamanan sistem dapat tetap dipertahankan.

Keuntungan menggunakan Firewall

Ada beberapa keuntungan apabila dalam pemasangan jaringan menggunakan firewall, antara lain:

  • Firewall dapat kita gunakan untuk membatasi penggunaan sumber daya informasi.
  • Seluruh akses dalam jaringan dapat kita kontrol melalui firewall.
  • Firewall dapat kita gunakan untuk mengawasi semua service yang berjalan.
  • Firewall dapat mencatat dan merekam semua kegiatan yang berjalan melewatinya.
  • Firewall dapat menerapkan suatu kebijakan security (security policy).
  • Firewall dapat mencegah suatu paket yang dirasa mencurigakan oleh sistem.
  • Firewall dapat sedikit menghambat pergerakan para penyerang yang mencoba memasuki sistem.

Leave a Reply