miniatur candi magelang

Menengok Berbagai Kerajinan di Magelang

Sobat jejaring semua….. bagaimana kabar kalian hari ini, baik kan? Artikel yang jejaring sajikan hari ini berkaitan dengan kerajinan. Tapi lebih fokus pada kerajinan sebuah daerah yaitu Magelang. Yuk, kita simak.

Kerajinan Batu

Salah satu yang terkenal di Magelang adalah kerajinan dari batu. Para perajin patung batu ini selain memproduksi patung batu juga memproduksi alat-alat rumah tangga yang berasal dari batu seperti cobek & uleg-ulegnya, penumbuk bumbu, dan lain-lain.

cobek batu magelangDaerah yang memproduksi kerajinan patung batu dan kerajinan alat-alat rumah tangga ini berada di Kecamatan Muntilan dan Salam, terutama di sepanjang jalan Semarang – Yogyakarta. Kita dapat melihat banyak kerajinan dari batu yang dipamerkan di sepanjang jalan tersebut. Patung-patung tersebut berukuran memiliki ukuran yang beraneka ragam.

Kerajinan Bambu

Hasil kerajinan dari bambu ini biasanya dijual di pasar-pasar maupun di obyek-obyek wisata di Magelang, seperti candi Borobudur, candi Mendut, dan tempat-tempat lain.

Kerajinan dari bambu ini biasanya berupa tempat lampu dari bambu, tempat koran dari bambu, kalung bambu, gelang bambu, jepit rambut bambu, kipas bambu, dan masih banyak lagi kerajinan dari bambu lain yang tak kalah menarik dan kreatifnya.

perajin bambu dari magelangBanyak wisatawan yang menyukai produk-produk bambu ini. Hingga kini, pemasarannya sudah mencapai daerah Purworejo, Cilacap, Jogja, dan Pangandaran.

Miniatur Candi

miniatur candi magelangMiniatur candi sebenarnya adalah bagian dari kerajinan batu. Hanya saja dalam proses finishingnya lebih dipercantik dengan diberikan gip agar lebih menarik dan aman jika terjadi benturan/jatuh, Harganya juga variatif, mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 2.000.000,-. Bahkan ada pesanan yang harganya mencapai Rp. 20.000.000,-. Para perajin miniatur candi ini berada di Kecamatan Borobudur tepatnya di desa-desa sekitar candi Borobudur.

Kerajinan Kerang

perajin kerang magelangMeskipun Magelang tidak memiliki pantai, namun di sini juga berkembang kerajinan yang berasal dari kerang. Bahan bakunya didatangkan dari Purworejo dan Cilacap. Uniknya para perajin ini justru tinggal di pegunungan yang jauh dari laut/pesisir. Perajin tersebut berada di desa Sawangargo, Kecamatan Salaman.

Kerajinan Kaligrafi

Kerajinan Kaligrafi di Magelang sangat terkenal. Bahkan seni kaligrafi yang ada di sini sering mengikuti pameran karya seni di berbagai daerah. Kerajinan kaligrafi menjadi unggulan karena tidak banyak yang dapat membuatnya. Dibutuhkan kemampuan seni yang cukup tinggi, skill yang baik dan kerja keras.

perajin kaligrafi magelangTarget pasar kerajinan ini terutama untuk warga kelas menengah ke atas karena bahan yang digunakan sering dari logam sehingga relatif mahal. Pemasarannya sudah mencapai Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Batam, dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Di Magelang sendiri peminat karya seni kaligrafi ini cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena Magelang banyak terdapat pondok pesantren yang relatif identik dengan karya seni kaligrafi. Kerajinan kaligrafi ini juga telah menembus pasar ekspor seperti Malaysia, Brunei, dan negara lain.

Kerajinan Mainan Anak-anak

perajin mainan anak magelangDi Magelang juga terdapat beberapa industri rumah tangga yang membuat mainan anak-anak. Produk ini sangat disukai oleh anak-anak. Untuk sementara produksinya hanya memenuhi kebutuhan lokal dan beberapa daerah sekitarnya. Hasil dari produk boneka ini tidak kalah dengan produk-produk boneka dari pabrik.

Leave a Reply