dedicated server2

Mengenal Dedicated Server

Sobat jejaring, pernah dengar gak tentang Dedicated Server, berikut ini bahasannya tentang itu. selamat menyimak ya….

Sebelum kita mengenal lebih dalam mengenai Dedicated Server, lebih baik kita mengenal sedikit tentang Web Hosting. Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

dedicated server1

Pada dasarnya sebuah server webhosting adalah menggunakan sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

Jenis – Jenis Web Hosting yang Ada :
Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.

  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Kembali pada pembahasan awal mengenai Dedicatet Server. Dedicatet Server merupakan salah satu dari jenis Web Hosting. Layanan Dedicated Server, adalah layanan hosting dengan menggunakan server secara keseluruhan, anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya. Dedicated server dapat diartikan sebagai server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri. Layanan dedicated server memungkinkanuntuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja tinggi yang tidak dapat dioperasikan pada shared hosting maupun VPS. Biasanya penyedia dedicated server menyediakan satu set web server fisik secara lengkap beserta sistem operasinya. Agar dapat masuk ke web servernya Anda akan memperoleh root akses sehingga Anda sendiri dapat melakukan maintenance server melalui akses yang telah tersedia.

dedicated server2

Dengan dedicated server pula, Anda mempunyai kontrol penuh terhadap server Anda. Anda bebas mengkonfigurasi server sesuai dengan spesifikasi kebutuhan Anda. Kondisi ini tentunya berbeda dengan layanan shared hosting dimana Anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap server. Anda terbatas hanya dapat mengkonfigurasi website Anda pada menu cPanel saja.

Pada layanan dedicated server, Anda dapat menggunakan server tersebut secara penuh untuk melakukan testing aplikasi web, layanan hosting, database dan layanan internet lainnya. Untuk menggunakan dedicated server, Anda cukup set segala sesuatunya dari meja kerja Anda. Sementara dedicated server diletakkan pada penyedia jasa hosting, Anda kelola dedicate server secara remote dari meja kerja Anda.

Dedicated Server menyediakan sumberdaya yang jauh lebih maksimal jika dibandingkan dengan Shared hosting atau VPS hosting yang sumberdayanya masih terbagi untuk pengguna lainnya. Anda dapat memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada Dedicated Server untuk kepentingan Anda sendiri.

Lalu mengapa harus memilih Dedicated Server?
Setiap hosting server memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri termasuk juga dedicated server. Nah ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan mengapa anda harus memilih dedicated server yaitu:

1. Bisa bebas biaya
Ya hal ini bisa terjadi jika anda menggunakan dedicated server dengan komputer sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa hosting. Namun yang pasti anda juga harus menguasai cara untuk men-setting komputer anda menjadi sebuah hosting sendiri.

2. Kualitas akses yang luar biasa cepat
Tentu saja dengan komputer yang hanya disediakan untuk anda sendiri tanpa dibagi akan jauh lebih cepat dan leluasa untuk digunakan sehingga anda tidak perlu khawatir dengan performa website anda ketika diakses.

3. Cocok untuk pebisnis kelas atas, dan professional
Jika anda adalah seorang pebisnis kelas atas atau mungkin adalah seorang professional bidang online pastilah anda memiliki website dengan jumlah pengunjung fantastis dan juga data yang begitu banyak. Nah dengan hosting dedicated server ini anda tidak perlu khawatir dengan kecepatan ataupun kapasitas yang disediakan karena pastilah lebih dari cukup sehingga anda bisa tenang menjalankan aktifitas anda.

Keunggulan

  • Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
  • Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  • Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
  • mengontrol penuh semua aktivitas yang terjadi di dalam server

Kelemahan

Walaupun layanan apa itu dedicated server memiliki keunggulan, namun layanan apa itu dedicated server juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

  • Mahalnya biaya sewa dedicated server.
    Saat ini biaya sewa dedicated server berkisar antara Rp 500.000 per bulan sampai dengan Rp 2.000.000 per bulan tergantung spesifikasi komputer dedicated server yang Anda sewa.
  • Pengoperasian dedicated server membutuhkan penguasaan teknologi yang tinggi.
    Tidak sembarang orang mampu mengoperasikan dedicated sever. Beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai antara lain: hardware dan software server, jaringan dan internet, database dan lain sebagainya. Selain itu pengalaman di dunia server jaringan internet juga diperlukan.
  • Biaya operasional relatif lebih mahal.
  • Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebihuntuk ditugaskan sebagai server.
  • Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

 

Leave a Reply