sadewa

Mengenal Karakter Pandawa Lima

Haii.. sobat jejaring semua, tentunya kita tidak melupakan tokoh pewayangan kan? Nah kali ini saya akan mengulas tentang karakter Pandawa Lima agar tokoh-tokoh pewayangan ini tidak musnah dari ingatan kita.

1. Yudistira

Yudistira merupakan penjelmaan dari Dewa Yama dan lahir dari Kunti. Ia merupakan saudara Pandawa yang paling tua. Sifatnya sangat bijaksana, tidak memiliki musuh, hampir tidak pernah berdusta seumur hidupnya, suka memaafkan, memiliki moral yang sangat tingggi, jujur, sabar, adil, taat terhadap ajaran agama, percaya diri, dan berani berspekulasi. Yudistira memiliki nama kecil yaitu Puntadewa.

yudistira

 2. Bima

Tokoh yang sering dijuluki Werkudara ini merupakan penjelmaan  dari Dewa Bayu. Ia merupakan putra kedua Kunti dan Pandu. Ia memiliki sifat dan perwatakan  gagah berani, kuat, teguh, tabah, patuh dan jujur. Ia juga bersifat menakutkan bagi musuhnya, setia pada satu sikap, tidak suka basa basi, tidak pernah mendua dan tidak pernah menjilat ludahnya sendiri.  Bima memiliki nama masa kecil yaitu Sena.

bima

3. Arjuna

Arjuna merupakan penjelmaan dari sang dewa perang yaitu Dewa Indra. Ia adalah putra bungsu Kunti dan Pandu. Arjuna mempunyai perwatakan cerdik, pendiam, lemah lembut, teliti, sopan santun, berani dan suka melindungi yang lemah. Arjuna nama kecilnya adalah Permadi.

arjuna

4. Nakula

Nakula merupakan penjelmaan dari sang Dewa pengobatan yaitu Dewa kembar yang bernama Aswin, ia adalah putera kembar pasangan Madri dan Pandu. Setelah orang tuanya meninggal ia diasuh oleh Kunti, istri Pandu yang lain. Nakula merupakan pria paling tampan di dunia, perwatakannya jujur, setia, taat terhadap orang tua, tahu membalas budi dan dapat menjaga rahasia.

nakula

 5. Sadewa

Sadewa perupakan penjelmaan dari Dewa kembar yang bernama Aswin, ia merupakan saudara kembar Nakula. Sadewa memiliki perwatakan jujur, setia, taat kepada orang tua, tahu membalas budi, serta pandai menjaga rahasia. Ia merupakan seseorang yang ahli dalam ilmu astronomi.

sadewa

2 comments on “Mengenal Karakter Pandawa Lima

Leave a Reply