windows azure

Mengenal Keunggulan Windows Azure, Cloud Computing Milik Microsoft

Pembaca jejaring yang budiman….. pernah dengar tentang Windows Azure? Sebuah layanan dari Microsoft yang dimanfaatkan untuk Cloud Computing. Nah, kalo belum pernah dengar nih, Anda semua para pembaca wajib menyimak tulisan berikut ini.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan menyadari tentang manfaat dari pengelolaan data yang terpusat dan terkontrol. Aplikasi beserta datanya tersimpan pada server cloud. Perusahaan IT raksasa beberapa diataranya menyediakan platform cloud yaitu Amazon, IBM, dan Google. Windows Azure platform aplikasi berbasis cloud buatan Microsoft yang berguna untuk mengembangkan, mengelola, dan hosting aplikasi off-site.

windows azure

Microsoft mengimplementasikan Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service(IaaS). PaaS adalah pengembang aplikasi dapat mengembangkan dan menjalankan perangkat lunak(software) mereka pada platform cloud tanpa direpotkan dengan biaya serta kompleksitas dari pembelian dan pengelolahan perangkat keras(hardware). PaaS menyediakan segala sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi dan layanan secara lengkap dari internet, tanpa terlebih dahulu meng-unduh atau meng-install perangkat lunak. Sedangkan IaaS penyedia layanan hanya menyediakan sumber daya komputasi seperti prosesor, memori dan storage. Untuk pelihan OS, aplikasi, maupun konfigurasi lain-lain sepenuhnya berada pada kendali pelanggan.

customer

Windows Azure memiliki beberapa keunggulan berikut adalah beberapa alasan yang patut dipertimbangkan dalam memilih Windows Azure sebagai platform komputasi cloud anda.

management portal

1. Familiaritas Windows
Azure adalah berbasis Windows, sehingga Anda dapat menulis aplikasi dalam bahasa pemrograman yang sama yang Anda gunakan untuk Windows apps seperti: Visual Basic, C++, C#, dll Anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti Visual Studio, bersama dengan ASP.NET dan teknologi Windows lainnya yang Anda kenal.

2. 64-bit Windows VMs
Aplikasi yang berjalan pada Azure berjalan dalam mesin virtual, dengan instance masing-masing sehingga aplikasi berjalan di VM sendiri pada 64-bit sistem operasi Windows Server 2012 R2. Hypervisor yang mereka jalankan dirancang khusus untuk teknologi cloud.

3. Azure SDK
Microsoft menyediakan Windows Azure Software Development Kit (SDK), yang merupakan versi dari Azure sehingga Anda dapat bekerja secara lokal ketika mengembangkan dan debugging aplikasi kemudian memindahkannya ke cloud.

4. Skalabilitas dan Fleksibilitas
Menggunakan Azure, Anda dapat dengan mudah membuat aplikasi yang berjalan secara handal dengan skala dari 10 hingga 10.000 atau bahkan 10 juta pengguna – tanpa coding tambahan. Azure Storage menyediakan skalabilitas, keamanan dan kinerja layanan penyimpanan yang efisien dalam cloud.

before using cloud

Skalabilitas sebelum menggunakan cloud.

after using cloud

Skalabilitas setelah menggunakan cloud.

Setelah Anda membuat aplikasi Web, Anda dapat menentukan jumlah prosesor untuk aplikasi yang anda gunakan. Jika aplikasi Anda perlu skala untuk memenuhi permintaan, untuk menggunakan prosesor yang lebih pendekatan “pay as you go / pay as you grow” memungkinkan aplikasi baru Anda ke pasar lebih cepat dan merespon lebih cepat terhadap perubahan kebutuhan pelanggan Anda.

5. Biaya dan Keuntungannya
Mengambil keuntungan dari sumber daya di cloud memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya Anda dalam biaya pembuatan, pengujian, debugging, dan pendistribusian aplikasi berbasis web.
Ketentuan harga Windows Azure akan didasarkan pada konsumsi dengan biaya per jam yang tergantung pada ukuran instance per-bulan atau biaya per-transaksi untuk layanan penyimpanan Azure berdasarkan ukuran data.

6. Pusat data berada di cloud
SQL Azure menyediakan semua manfaat dari pusat data kelas enterprise, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran tentang back up data.

7. Keamanan
Mengetahui bahwa keamanan merupakan salah satu perhatian terbesar bagi perusahaan dalam mempertimbangkan untuk pindah ke cloud. Layanan .NET Access Control Service menyediakan cara untuk mengintegrasikan identitas, dan keamanan Assertion Markup Language (SAML) token yang digunakan oleh aplikasi untuk menentukan apakah pengguna diperbolehkan akses.

8. Traffic Manager
Pengguna dapat mengatur keseimbangan traffic incoming di beberapa host milik Windows yang tersebar di seluruh dunia. Apabila suatu aplikasi hanya tinggi trafficnya pada waktu-waktu tertentu, maka tentunya kebutuhan sumber daya hanya tinggi pada saat tertentu saja. Sehingga, kita dapat melakukan setting traffic dengan menggunakan sumber daya rendah pada saat jumlah akses rendah, dan meningkatkan kapasitas sumber daya apabila sedang mencapai peak time.

9. Interoperabilitas
Dengan Azure, Anda dapat mengembangkan aplikasi hybrid yang memungkinkan secara lokal aplikasi Anda untuk menggunakan layanan cloud, seperti layanan database cloud dan layanan penyimpanan. Layanan komunikasi bekerja antara aplikasi lokal dan aplikasi awan, serta perangkat mobile. Azure mendukung open standarts dan protokol internet seperti HTTP, XML, SOAP, dan REST.

Demikian fitur-fitur dari Windows Azure yang dapat digunakan untuk mempermudah Anda dalam menggunakan komputasi cloud milik Microsoft ini.

One comment on “Mengenal Keunggulan Windows Azure, Cloud Computing Milik Microsoft

Leave a Reply