bentuk bentuk rumput laut

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumput Laut

Hai…. sobat jejaring!! Sehat semua….?? Artikel kali ini redaksi jejaring persembahkan untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang rumput laut. Apa sih rumput laut itu? Bagaimana rumput laut itu? Kabarnya rumput laut adalah salah satu alternatif sumber makanan selain nasi. Apa saja sih manfaat dan kandungannya…. Ayo kita simak artikelnya.

Pernahkah kamu mengkonsumsi rumput laut? Baik yang masih berbentuk segar ataupun yang telah berubah bentuk? Mungkin tanpa kalian sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali bersinggungan dengan rumput laut. Tahukah kalian bila pasta gigi, kapsul obat, kosmetik hingga saus yang menemani makan kita menggunakan rumput laut sebagai salah satu bahan dasarnya apalagi agar-agar, manisan, jelly yang sangat digemari oleh anak-anak? Semua itu merupakan hasil olahan dari rumput laut.

Komoditas rumput laut merupakan salah satu komoditas yang masuk dalam program revitalisasi perikanan. Dua alasan penting rumput laut tersebut menjadi pilihan.

  • Pertama, pasar produk derivatif dalam bentuk food grade dan nonfood grade sangat bervariasi dan permintaan pasar dunia terhadap produk ini cukup tinggi.
  • Kedua, penguasaan teknologi budidaya (sistem rakit atau long line) mudah diadopsi oleh pembudidaya komersial.

Bisnis rumput laut terus berkembang pada beberapa lokasi di Indonesia, seperti: di Jawa Timur (Kabupaten Sumenep), di Gorontalo (Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Pahuwato), di NTT (sekitar pulau Sabu), Sulawesi Selatan (Kabupaten Takalar), NTB serta Bali. Namun, struktur pasar komoditi ini sangat tertutup, sehingga resiko pedagang cukup tinggi.

Rumput laut adalah tumbuhan ganggang multiseluler yang hidup di perairan dan tergolong ke dalam divisi Thallophyta. Tumbuhan talus ini adalah tersusun oleh satu sel yang berbentuk bulat hingga banyak sel yang kadang-kadang mirip dengan tumbuhan tingkat tinggi. Cara hidup pada tumbuhan talus ada tiga cara yaitu :

  • autotrof (asimilasi dengan fotosintesis),
  • heterotrof, dan
  • simbiosis.

Divisi Thallophyta memiliki 3 sub divisi antara lain ganggang (alga), jamur (fungi), lumut kerak (lichens). Rumput laut termasuk ke dalam sub divisi ganggang (alga) khususnya makroalga. Rumput laut ada bermacam-macam, ada yang berbentuk silindris, lembaran, bulat seperti kantung, menempel seperti kerak bahkan serabut-serabut seperti rambut dan lain sebagainya. bentuk bentuk rumput laut

(a) Rumput laut berbentuk silindris,

(b) Rumput laut berbentuk lembaran,

(c) Rumput laut berbentuk bulat, dan

(d) Rumput laut berbentuk serabut.

Thallus rumput laut ada juga yang berbentuk menyerupai tumbuhan tingkat tinggi yang seolah-olah memeiliki daun, akar batang dan buah. Namun, walaupun tampaknya ada perbedaan morfologis seperti akar, batang dan daun tetapi itu hanya bersifat semu saja karena fungsinya sama.

Bagian tubuh rumput laut secara sederhana terdiri dari thallus yang menyerupai batang serta holdfast yang menyerupai akar yang berfungsi sebagai alat pelekat atau penumpu pada substrat sehingga tumbuhnya dapat kuat dan menetap, jadi bukan untuk menyerap makanan dari substrat seperti halnya fungsi akar pada tumbuhan tingkat tinggi. Di bawah ini gambar bagian-bagian thalus rumput laut yang menyerupai tumbuhan tingkat tinggi. bagian-bagian rumput laut

One comment on “Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumput Laut

  1. Pingback: Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumput Laut (Bagian 2) | Portal Belajar Indonesia

Leave a Reply