jaipong

Mengenal Tari Tradisional Jawa Barat

Ngomong-ngomon soal tarian Jawa Barat saya akan meperkenalkan kepada kalian semua tentang tari tradisonal Jawa Barat.

1. Tari Jaipong
Tari Jaipong adalah tarian kesenian yang berasal dari Jawa Barat yang di buat oleh sorang seniman yang bernama Gugum Gumbira, tarian ini digunakan untuk sambutan para orang penting contohnya para pejabat ataupun turis dari luar negri. Tari Jaipong ini banyak mempengaruhi pada kesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung, genjring dan lainnya.
jaipong jaipong

2. Tari Topeng
Tari Topeng adalah tarian yang muncul di daerah Jawa Barat (Priangan), tarian ini di bedakan menjadi dua yaitu Tari Topeng Priangan dan Tari Topeng Cirebon.

Tari Topeng Priangan adalah tarian topeng yang hanya tersaji dalam satu bentuk saja yang lebih bersifat entertaintment (hiburan). Tari topeng mempunyai 3 watak yaitu :

  1. Tari Topeng Tumenggung artinya watak menggambarkan seorang pejabat karismatik dan disegani masyarakat sekitar.
  2. Tari Topeng Kencana Wungu artinya watak yang menggambarkan seorang yang lincah dan dinamis yang berkedok topeng warna telur asin.
  3. Tari Topeng Kelana artinya watak yang menggambarkan karakter energik atua kasar.

Tari Topeng Cirebon adalah tarian yang di dalamnya pertunjukkan topeng yang utuh, terdapat beberapa macam kedok bodor yang juga ikut ditampilkan, antara lain kedok tembeb, pentul dan dayun. Adapun bentuk pertunjukkan Tari Topeng Cirebon memiliki bermacam-macam bentuk yaitu :

  • Tari Topeng Babarang / Baragan
  • Tari Topeng Hajataan / Dinaan
  • Tari Topeng Ngunjung
  • Tari Topeng Kuputarung

tari topeng cirebon

Tari Topeng Cirebon

tari topeng priangan

Tari Topeng Priangan

Leave a Reply