variabel php

Mengenal Variabel pada PHP

Kali ini saya akan membahas melalui artikel ini sedikit tentang variabel pada PHP. Apa itu variabel ?. Variabel adalah bagian dasar dalam PHP. Variabel juga sering digunakan oleh para programmer. Fungsi variabel adalah untuk mendeklarasikan variabel yg akan digunakan dalam program di awal. Variabel juga dapat menyimpan data atau nilai. Variabel bersifat dinamis yg artinya isi variabel dapat berubah selama proses pemrograman berlangsung.
Variabel dapat dipanggil bila user atau programer menggunakan perintah echo. Echo sendiri juga juga mempunyai fungsi, yaitu untuk menampilkan isi variabel di web browser, menampilkan karakter yg berada diantara “…” , ‘…’ . Variabel dapat berupa angka (0-9), huruf (A-Z, a-z), maupun garis bawah (_). Variabel dalam PHP dimulai dengan tanda dolar ($). Adapun cara atau aturan penulisan di variabel:

1.dimulai dengan tanda $.

2.karakter pertama harus huruf atau garis bawah.

3.karakter berikutnya boleh huruf, angka, atau garis bawah.

4.perhatikan huruf besar dan huruf kecil.

Berikut ini adalah contoh cara penulisan variabel pada PHP:

<?php

$nama=”Ahmad Dani” ;

echo $nama ;

?>

Dari contoh di atas, variabel mempunyai nilai dengan nama “Ahmad Dani”. Bila contoh di atas akan di tampilkan di web browser, maka yg akan tampil bukan $nama, melainkan yg tampil adalah Ahmad Dani.

Adapun macam macam variabel:

1.Variabel global: Dapat digunakan dan dikenali oleh seluruh bagian PHP.

2.Variabel lokal: Variabel ini mempunyai sifat yaitu dapat dikenali dan digunakan di dalam fungsi yg mendeklarasikan variabel tersebut.

3.Variabel static: Variabel ini hanya terdapat pada lingkup lokal suatu fungsi. Pada nilai akhir yg telah di eksekusi yg tersimpan pada variabel, tidak akan berubah walaupun akan di panggil ulang.

 

Penutup

Itulah penjelasan singkat saya tentang variabel pada PHP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

7 comments on “Mengenal Variabel pada PHP

Leave a Reply