gunakan masker mentimun

Menjaga Kesehatan Mata

Selamat pagi sahabat jejaring semua….. Mata adalah organ yang sangat penting bagi kita tanpa mata kita tidak akan bisa melihat indahnya dunia, tetapi masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata demi hoby dan pekerjaannya. Kali ini saya akan menjelaskan kepada sahabat bagaimana menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Pertama lakukan hal berikut : kesehatan mata

 1.   Makan Buah dan Sayuran

Banyak makan makanan yang banyak mengandung gizi yang berguna untuk mata adalah salah satu cara menjaga mata agar tetap sehat, contohnya: wortel, brokoli, tomat, bawang putih, alpukat, kubis, bayam. Buah dan sayur tersebut banyak mengandung gizi yang diperlukan oleh mata, salah satunya adalah vitamin A.

makan buah dan sayuran

2.   Istirahatkan Mata

Jangan terus paksa mata untuk bekerja di depan komputer dan berlama-lama membaca buku. Mata juga butuh istirahat untuk mengembalikan kesehatan mata, istirahatkan mata selama beberapa menit setelah melakukan aktivitas tersebut.

istirahatkan mata

3.   Jangan Memakai Lensa Kontak dan Kaca Mata Terlalu Lama

Memakai lensa kontak dan kaca mata terlalu lama akan mengakibatkan kerusakan permanen pada mata dan ketidaknyamanan pada mata.

jangan pakai lensa kontak terlalu lama

4.   Jangan Membaca Pada Cahaya Yang Redup

Membaca pada cahaya yang redup membuat mata tegang dan akan mengakibatkan kerusakan pada mata, oleh sebab itu hindari membaca pada cahaya yang kurang terang.

jangan membaca pada cahaya redup

5.   Gunakan Masker Ketimun

Pada keadaan santai atau akan tidur cobalah gunakan masker ketimun untuk mengompres kelopak mata, letakan irisan mentimun yang dingin dan lembut selama 15 menit untuk melindungi mata supaya tidak bengkak.

gunakan masker mentimun

6.   Hindari Mengucek Mata

Kadang mata terasa gatal karena debu atau sebab lainnya, hindari mengucek mata saat mata kita terasa gatal karena hal ini membuat mata memerah selain itu mengucek mata pada saat tangan anda kotor dapat mengakibatkan inveksi pada organ mata.

hindari mengucek mata

7.   Jangan Sering Menggunakan Tetes Mata

Jangan terlalu sering menggunakan tetes mata karena dapat merusak kesehatan mata, gunakan obat tetes mata seperlunya saja jangan berlebihan.

jangan sering menggunakan tetes mata

8.   Jangan Langsung Melihat Cahaya Terang

Melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung dapat mengakibatkan mata rusak, untuk itu gunakan kaca mata hitam pelindung UV pada saat diluar ruangan untuk melindungi mata dari paparan UV secara langsung.

jangan langsung melihat cahaya

Nah, itu tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply