API (Application Programming Interface)

Mudahnya Memahami Application Programming Interface (API)

Anda sering harus bergantung pada orang lain untuk melakukan fungsi yang Anda mungkin tidak dapat atau tidak diizinkan untuk lakukan sendiri? seperti membuka kotak pengaman Bank deposito. Demikian pula, hampir semua perangkat lunak harus meminta perangkat lunak lain untuk melakukan beberapa hal untuk itu.

Untuk mencapai hal ini, program meminta menggunakan satu set instruksi pemrograman dan standar untuk mengakses aplikasi perangkat lunak berbasis web atau web tool, yang disebut antarmuka pemrograman aplikasi (API). Hampir setiap aplikasi tergantung pada API dari sistem operasi yang mendasari untuk melakukan fungsi dasar seperti mengakses sistem file.

API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari program itu.

Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.

Sebuah API adalah antarmuka software-to-software, bukan user interface. Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda, situs web tiket film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna, Anda hanya melihat satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama-sama menggunakan API. Jenis integrasi ini disebut seamless, karena pengguna tidak pernah mendapatkan pemberitahuan bila fungsi perangkat lunak diserahkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Oleh karena itu sebuah API dapat dikatakan menyerupai Software as a Service (SaaS), karena pengembang perangkat lunak tidak harus mulai dari awal setiap kali mereka menulis sebuah program.

Interaksi dengan API (Application Programming Interface)

interaksi dengan API

Platform Specific API (Application Programming Interface)

  1. Operating System
    • Windows:  –> WinAPI, ShellAPI, dll
    • Linux/Unix: –> Kernel, socket, dll
    • Mobile device
      Disediakan melalui SDK (software Development kit)
      Nokia: –> Symbian OS SDK, UIQ
      Windows CE / Pocket PC:  –> winceos core
      Blackberry: –> Blackberry SDK, Blackberry JDE
      Java Based:  –> J2ME SDK
      Droid:  –> Google Android SDK

2. Graphic API

    • DirectX: –>  game, multimedia streaming
    • OpenGL: –> factal, 3D modeling

3. Modem: –>  TAPI (Telephony API)
4. Database Connector

    • ADODB: –> via ODBC
    • OLEDB: –> via provider library
    • Direct Connection
      MySQL
      PostgreSQL
      SQLite

a-p-i

Web API (Application Programming Interface)

  • Kumpulan fungsi-fungsi JavaScript
  • JSON, REST, SOAP, XML-RPC
  • Contoh web API :
    • Google Map API –> http://code.google.com/apis/maps/
    • Facebook API –> http://wiki.developers.facebook.com/index.php/API
      Dapat mengintegrasikan facebook dengan website, untuk pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan pada facebook dan digunakan untuk pengembangan aplikasi facebook untuk iphone.
      API yang disediakan antara lain : FBML, FQL, FBJS, XFBML, REST API