Organisasi Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan

ABSTRAK

Fauzi, Rochmanu, 2010: Organisasi Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Pada SMK Negeri 4 Gajayana). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Kata kunci: Organisasi, Pengorganisasian, PSG dan MS.

Kebijakan link and match (keterkaitan dan kesepadanan) yang pelaksanaannya dijabarkan dalam Pendidikan Sistem Ganda (PSG), telah banyak dilakukan perubahan dengan tujuan agar pendidikan benar-benar menjadi pranata (means) utama dalam pembangunan SDM yang berkualitas sesuai dengan tuntutan kebutuhan Pembangunan Nasional.
Penelitian ini mengungkap dalam suatu fokus penelitian organisasi pelaksanaan PSG pada SMK Negeri 4 Gajayana, yang kemudian dirinci dalam pernyataan:

  1. Visi, misi dan tujuan SMK Negeri 4 Gajayana?,
  2. Bagaimana gambaran dan kurikulum pada SMK Negeri 4 Gajayana?,
  3. Pengorganisasian PSG di Sekolah dalam Praktek Kerja Industri (Prakerin),
  4. Efektivitas organisasi pelaksanaan PSG di Sekolah,
  5. Pelaksanaan PSG di Sekolah dalam Prakerin.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tunggal tentang peranan organisasi SMK dalam pelaksanaan PSG pada SMK Negeri 4 Gajayana. Subyek yang diplih menggunakan purposive sampling menggunakan teknik snowball sampling yaitu pencarian informasi atas rekomendasi informan sebelumnya.

Temuan penelitian di SMK Negeri 4 Gajayana disimpulkan sebagai berikut:

  1. Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum SMK menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan berbasis kompetensi (Competency Based Curriculum/CBC) dan pendekatan berbasis luas dan mendasar (Broad Based Curriculum/BBC).
  2. Visi, misi dan tujuan SMK Negeri 4 Gajayana memberikan peranan yang besar pada upaya organisasi pelaksanaan PSG sebagai pijakan filosofis, butir-butir langkah inovasi dan memberikan suatu keinginan yang kuat dalam menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah.
  3. Pengorganisasi penyelenggaraan PSG dalam prakerin di DU/DI berlangsung selama satu tahun pada semester empat dan lima. Pelaksanaannya dilakukan oleh tim Pokja PSG dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab dan membuat laporan ke Kepala Sekolah.
  4. Untuk mengukur, menilai dan mengkaji keefektifan organisasi pelaksanaan PSG di SMK dapat dilihat pada penilaian prestasi perorangan dan prestasi organisasi.

Apabila Anda membutuhkan file proposal tesis lengkap mulai dari Bab 1, 2 dan 3 silakan klik link berikut ini. Password untuk meng-ekstrak filenya silakan kirim email dulu ke [email protected]

Leave a Reply