php

Pengenalan Session Pada Pemrogaman di PHP

Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang Session pada pemrogaman di PHP. PHP mempunyai session (catatan aktivitas) yang berfungsi untuk menyimpan / menjaga  data atau suatu informasi. Session dapat memungkinkan melacak akses pemakai, pengaturan  pemakai, aplikasi pemakai, dan dapat meningkatkan layanan pada situs web. Session bisa hilang jika browser ditutup. Session ini begitu sangat penting untuk secutity dalam sebuah situs di web. Koneksi baru akan dianggap apabila web browser di jalankan kembali dan koneksi pada server dilakukan. Session terletak pada server.  Ada pula beberapa fungsi fungsi pada session yaitu:

1. Session_start() : Digunakan untuk memulai session atau menginisialisasi data session.

2. Session_destroy() : Untuk menghancurkan data data yang ada hubungannya dengan session. Hal ini tidak merubah cookie dan variabel global yang ada hubungan dengan session.

3. Session_id() : Yaitu digunakan untuk mengatur atau mengambil session id.

4. Session_register() : Digunakan untuk mendaftarkan variabel ke dalam sebuah session.

 

Session dapat digunakan untuk menyimpan suatu informasi pada saat antar proses request. Contoh penggunaan session salah satunya adalah proses login. Pada saat login, user akan memasukkan user name pada form login. Jika login berhasil, user akan dihadapkan kepada link menu navigasi yang akan menuju ke beberapa situs web.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat saya melalui artikel yang sangat sederhana ini tentang pengenalan session pada pemrogaman di PHP. Semoga dengan apa yang saya jelaskan di atas tadi dapat memberi  motivasi bagi Anda, tambahan ilmu bagi Anda serta dapat bermanfaat juga pastinya. Apabila Anda tidak jelas dengan kata kata saya, Anda dapat memberikan komentar di artikel saya ini. Terima kasih.

About Yusuf

Butuh sesuatu yan gila untuk mengubah dunia dari kegilaan. Lelaki sederhana yang sering berpikir diluar batas. Thinking out side of the box

Leave a Reply