mbah surip

Penyanyi Reggae Indonesia Terkenal

Hai kawan jejaring….. salam damai bagi pembaca situs ini semoga bermanfaat bagi kalian informasinya di sini saya akan memperkenalkan musisi/penyanyi reggae. Musik reggae adalah musik hati nurani kata “Bob Marley” entah dari mana asal muasal musik reggae, yang saya ketahui sih musik reggae berasal dari Jamaika tapi ada yang berpendapat juga di Utopia tanah Afrika, siapa saja kah musisi band reggae Indonesia yang terkenal? Saya akan memperkenalkan satu per satu musisi/penyanyi band reggae Indonesia.

1.    Tony Q. Rastafara

Nama asli Tony Waluyo tanggal lahir 27 April 1961 kota asal Semarang. Band Tony Q. Rastafara, Tony Q. Rastafa ini sudah lama memjadi icon musisi band reggae Indonesia. Sejak tahun 1989 sudah aktiv dalam music reggae beliau ini telah meliris album pada tahun 1996 yang berjudul “Rambut Gimbal”. Tahun 1997 “Gue Falling in Love”, Damai Dengan Cinta (2000), Kronologi (2003), Salam Damai (2005), Anak Kampung (2007), Presiden (2009),  Kurang Tambah (2010), dan Membentang Sayap (2012).

 tony q. rastafara

2.    Ras Muhamad

Nama asli adalah Muhamad Egar tanggal lahir 29 oktober 1980. Kota asal Jakarta, kewarganegaraan Indonesia. Kenapa dipanggil Ras Muhamad? “Ras” itu adalah panggilan para anak Jamaica yang artinya mas/bung. Ras Muhamad mengenal reggae saat dia ada di Amerika dan dia menggimbalkan rambutnya dari tahun 1999 sampai saat ini. Lagu Ras Muhamad juga sering menceritkan kehidupan sehari-hari seperti menceritkan lingkungan social, kejadian sehari-hari dan sikap pemimpin dunia. Ras Muhamad menyebut jenis reggae-nya sebagai “dance hall”  sebuah perpaduan reggae dan hip-hop. Ras Muhamad banyak mempelajari pemikiran seorang pemimpin Ethiopia, Haile Selassie. Haile Selassie punya pikiran progressif: mempromosikan multilateralisme, kolektifisme, dan menentang feodalisme. Ia juga dikenal sebagai pejuang Ethiopia melawan imperialisme Italia.

ras muhamad

3. (Alm) Mbah Surip

Nama asli Urip Achmad Rijanto yang dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Mbah Surip lahir di Mojokerto 6 Mei 1957. Nama Mbah Surip melambung tinggi saat menyanyikan lagu “Tak Gendong” dan lagu ini bisa diterima oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan yang ada. Mbah Surip meninggal pada 4 Agustus 2009 akibat gagal jantung dan Mbah Surip juga telah dimakamkan di pemakaman keluarga W.S. Rendra, Depok Jawa Barat.

mbah surip

4.    Joni Agung & Doubel T.

Joni Agung & Doubel T. merupakan salah satu band yang namanya sudah banyak di kenal oleh pecinta musik reggae Indonesia. Band yang terbentuk pada tahun 2002 ini sukses menggabungkan lagu berlirik bahasa Bali ditambah balutan irama musik reggae yang menjadi musik reggae itu menjadi musik yang berkualitas.

joni agung dan daouble t

5.    Steven Jam

Steven Jam sebuah konsep solo beraliran reggae yang telah meliris almbum “Fell The Vibration”. Album ini berisikan 11 lagu yang mengangkat tema sosial yang merupakan ciptaan dari Steven Nugraha Kaligis. Dia adalah vokal Steven & Cocunut Treez yang di sayangkan band ini sedang break untuk beberapa lama, tetapi band Steven & Coconut Treez akan kembali meramaikan musik reggae Indonesia, tetapi itu tidak tahu kapan. Hanya tinggal menunggu seluruh personil kembali mood yang bagus.

 steven jam

 6.    Gangstarasta

Gangstarasta merupakan salah satu band reggae Indonesia yang namanya sudah banyak dikenal oleh para penikmat musik reggae tanah air. Band ini terbentuk pada tanggal 19 Desember 2001 dan sekarang kokoh dengan formasi Emilio (vocal), Kenro (bass), Gayo (guitar), Bayu (guitar), Cuwox (keyboard), Boim (drum), dan Uncle Bud (perkusi). Menurut Gangstarasta mereka memilih musik reggae karena musik ini mewakili rasa dan jiwa yang mereka jalani setiap hari, antara lain spirit dari reggae itu sendiri yang menebarkan rasa cinta dan perdamaian kepada seluruh umat di dunia tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, dan sosial.

gangstarasta 7.    Crazy Rasta

Crazy Rasta adalah band reggae asal Bandung yang terbentuk pada tanggal 15 February 2011. Alasan bermain musik reggae karana panggilan jiwa life style dan nama band ini juga sedikit aneh “Crazy Rasta” yang artinya “Rasta Gila” tapi bukan itu yang sebenarnya, nama dari Crazy Rasta diambil pada orang yang sering nonton atau pun mendengar musik reggae dengan menggunkan ganja. Makanya merakapun memberikan nama crazy rasta yang arti sebenarnya gila dengan rasta.

crazy rasta

Sekin penjelasan saya tentang penyanyi reggae Indonesia semoga bermanfaat.

8 comments on “Penyanyi Reggae Indonesia Terkenal

Leave a Reply