voli

Permainan Bola Voli

Hai…. sobat jejaring, kali ini saya akan posting sedikit berbeda dari yang biasa, yaitu tentang olahraga. Cabang olahraga yang akan ditulis di sini yaitu tentang permainan bola voli. Suatu permainan bola yang dilakuka secara beregu, setiap regu terdiri dari enam orang. Masing-masing orang memiliki tugas yang berbeda-beda. Nah, di sini akan dibahas tentang bagaimana cara menyerang dan bertahan dalam permainan ini. Selamat menyimak ya….

1. Pemain dalam Permainan bola voli
Dalam permainan bola voli, terdapat enam pemain yang masing-masing memiliki tugas yang berbeda. Sebutan bagi pemain bola voli sesuai tugasnya dibagi tiga, yaitu:

  1. Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama.
  2. Set-upper (Su), bertugas sebagai tukang umpan ke smasher.
  3. Universal (U), bertugas dan berfungsi serbaguna (dapat menjadi smasher, set-upper, maupun blocker atau pemain yang bertugas menghadang serang lawan).
    20120716volly Permainan Bola Voli

2. Pola penyerangan dalam permainan bola voli
Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Prinsip taktik penyerangan adalah usaha untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun yang di perkenankan dalam peraturan permainan.

Langkah-langkah menyusun suatu pola peyerangan sebagai berikut.

  1. Menganalisis situasi pertandingan sesuai dengan kondisi lawan dan alam sekitar yang sedang di hadapi (keadaan lawan, kawan, cuaca dan sebagaiinya)
  2. Proses pemecahan mental dalam suati taktik yang akan dikerjakan. Biasanya, akal dan pikiran bekerja lebih menonjol daripada unsur-unsur kejiwaan lainnya.
  3. Tindakan gerakan secara otomatis terhadap hasil keputusan yang diambil.
  4. Adaptasi keadaan iklim, alam sekitar, perwasitan, makanan, dan suporter saat berlangsungnya pertandingan.
  5. Survei pertandingan dan sistem-sistem yang dipergunakan dalam pertandingan.

Berikut ini macam-macam pola penyerangan dalam permainan bola voli.

a. Melindungi penyerangan (cover)
Dalam permainan bola voli setiap pemain harus selalu siap menerima bola dalam keadaan menyerang ataupun bertahan. Pada saat menyerang sebuah tim harus membentuk cover yang baik untuk melindungi penyerang dari pantulan bola block lawan sehingga membentuk pertahanan yang kuat saat pemain penyerang melakukan serangan.

Untuk membentuk cover, sebuah tim harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
1. Lambungan bola dari setter (pengumpan)
2. Kualitas block pihak lawan
3. Arah laju bola pantul dari block lawan yang dipukul penyerang.

b. Teknik penyerangan
Hasil akhir suatu strategi penyerangan sering kali ditentukan oleh smash, disamping pada blocking lawan atau pukulan-pukulan tipuan. Smash berupa pukulan sangat keras yang arahnya menuju lapangan lawan, dengan tujuan untuk mematikan bola. Smash merupakan keahlian yang dimiliki pemain bola voli, terutama penyerang (smasher). Penempatan bola-bola smash harus jeli sehingga bisa menghasilkan poin.

161214 Permainan Bola Voli

Ada empat jenis smash, yaitu:

  • Frontal smash (smash depan);
  • Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar);
  • Dump(smash pura-pura), berupa gerakan menipu/mengecoh lawan;
  • Smash dari pergelangan tangan.

Ketika melakukan smash, ada empat tahap pergerakan yang harus dilalui secara berurutan, yaitu:

  • Tahap I adalah lari menghampiri (run-up),
  • Tahap II adalah melompat (take-off),
  • Tahap III adalah memukul (hit),
  • Tahap IV adalah mendarat (landing).

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemain bola voli dalam melakukan serangan, antara lain:

  1. Pemain melakukan take-off tanpa kekuatan yang memadai. Akibatnya bola akan terpukul pada ketinggian yang kurang tepat.
  2. Seluruh gerakan tidak disertai ritme yang baik, sehingga tenggang waaktu antara take-off dan jump (mulai melompat dan meloncatnya sendiri) ditandai oleh keragu-raguan yang sangat memengaruhi smash itu sendiri.
  3. Kurang dapat menafsirkan ketinggian bola, sehingga bola itu dipukul terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  4. Pergelangan kaki kurang baik, sehingga tinggi lompatannya kurang sesuai dengan tinggi bola yang akan dipukul.
  5. Ayunan lengan kurang sempurna. Kadang kala hanya satu lengan saja yang terayun. Akibatnya lengan yang lain tidak dapat membantu memperkuat loncatan itu sendiri.
  6. Terjadi suatu putaran tubuh akibat ayunan lengan yang tidak pada tempatnya.
  7. Pergelangan tangan tetap kaku, sehingga bola tidak terpukul pada bagian atasnya. Pukulan seperti ini sering gagal, sehingga bola keluar atau tersangkut pada net.
  8. Lengan pemukul ditekuk waktu melakukan smash. Akibatnya bola terpukul terlalu rendah, sehingga tidak dapat melewati net.

3. Pola pertahanan dalam permainan bola voli
Dalam permainan bola voli, pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan, dengan harapan regu lawan membuat kesalahan dari penyerangannya. Taktik bertahan harus mempunyai prinsip agar dengan pertahanan itu regunya dapat menyerang kembali regu lawan.

Berikut ini pola pertahanan dalam permainan bola voli.
1. Pola bendungan berteman
Seorang pemain dapat digolongkan sebagai pemain defensif yang baik, jika mampu bertahan dan mengimbangi smash-smash pihak lawan. Pertahanan mencakup dua aspek, yaitu: menerima smash lawan dan melindungi dengan block. Jenis-jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2. Taktik-taktik bendungan (block)
Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli sebagai berikut.

a. Bendungan satu pemain
Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat, dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.

b. Bendungan dua pemain
Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran, sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block.

c. Bendungan tiga pemain
Block jenis ini digunakan jenis menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smes-smes yang tajam, keras, dan menukik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak, penyerangan dapat digagalkan.

Ok, sobat jejaring sekian dulu artikel saya kali ini, lain hari akan saya sambung lagi dengan yang lain. Ditunggu komentarnya ya…… see you.

Leave a Reply