sholat tahajud

Rahasia Sholat Tahajud

Haii…. sohib jejaring semua…… Bagaimana kabarnya? Baik semua kan? Bagi umat Islam Sholat adalah hal wajib yang harus dikerjakan. Selain sholat wajib ada juga sholat sunat yang  jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak apa-apa. Kali ini saya akan membahas salah satu sholat sunat yaitu sholat tahajud yang ternyata memiliki banyak manfaat yang perlu kita ketahui. Saya juga akan membahas tentang tata cara mengerjakan sholat tahajud.

sholat tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnat yang dikerjakan pada malam hari setelah terjaga dari tidur. Sholat Tahajud merupakan sholat yang diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum diturunkannya perintah sholat wajib 5 waktu, sholat Tahajud adalah sholat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

dalil sholat tahajud

Artinya : “Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”.

Sholat Tahajud dapat menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan pada siang hari, mendatangkan kesehatan, mengharumkan bau tubuh, menghindarkan dari kesepian dalam kubur, menjadi hiasan surga, dan menjamin kebutuhan hidup.  Orang yang melakukan sholat Tahajud wajahnya akan memancarkan cahaya, setiap perkataannya mengandung arti, akan dipelihara oleh Allah dari segala macam bahaya dan dituruti oleh orang lain, akan mendapat kesenangan di akhirat yaitu dimudahkan hisabnya, berjalan di atas shirat bagaikan kilat, dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang berkilau, diberikan kitab amalnya di tangan kanannya.

Allah berfirman dalam surat Al-Isra ayat 19

al isra ayat 19

Artinya : “Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang dia mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik”.

Sholat Tahajud menjadi sholat istimewa karena tidak ada satu sholat pun yang dianjurkan oleh Al-qur’an kecuali sholat Tahajud yang dijelaskan pada Surah Al-Muzzammil ayat 1-20 terutama pada ayat 1-10.

Surah Al-Muzzammil ayat 6

al-muzamil-ayat-6

Artinya : “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan”.

Waktu melaksanakan sholat Tahajud :

  1. 1/3 malam yang pertama : ba’da isya – 22.00 (sangat utama)
  2. 1/3 malam yang kedua : pukul 22.00 – 01.00 (lebih utama)
  3. 1/3 malam yang terakhir : pukul 01.00 – subuh (paling utama)

Sholat Tahajud yang sangat mulia adalah 1/3 malam yang terakhir yaitu antara pukul 01.00 hingga sebelum sholat subuh, waktu ini lebih mulia karena dalam Hadits Qudsi dijelaskan bahwa setiap 1/3 malam yang terkahir Allah SWT turun ke langit yang pertama dengan berseru “Hamba-ku yang sedang ruku dan sujud melaksanakan sholat tahajud, permintaanmu akan aku beri, doamu akan aku kabulkan, dosamu akan aku ampuni”.

Keutamaan sholat tahajud :

  1. Akan mendapatkan pahala sholat yang paling utama setelah sholat fardhu, sebagaimana yang telah dijelaskan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya :  “rasullullah SAW pernah ditanya : “sholat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu”, Rasul menjawab: “sholat malam (lail)”.
  2. Akan menjadi orang yang paling dekat dengan Allah, sebagaimana telah dijelaskan pada sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : “Allah paling dekat dengan hambanya pada akhir pertengahan malam. Oleh karena itu, jika kamu sanggup untuk menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka kerjakanlah”. (HR. Imam Tarmidzi)

Tata Cara Sholat Tahajud :

1. Membaca niat sholat tahajud dengan pelan dan membaca arti niat dalam hati.

 niat sholat tahajud

Artinya : “aku niat sholat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”.
2. Setelah membaca niat dilanjutkan dengan takbir (Allahu Akbar)
3. Dilanjutkan dengan membaca do’a iftitah.
4. Pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Baqarah ayat 284-286.

al baqarah 284-286

Sedangkan pada rokaat kedua setelah membaca Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.

ali imran 18

ali imran 19

ali imran 26

ali imran 27

Apabila surat-surat tersebut belum dihafal maka boleh membaca surat lain yang sudah dihafal. Dan dilanjutkan dengan gerakan sholat biasanya.

Do’a setelah melakukan sholat tahajud :

doa setelah sholat tahajud

Artinya : “Wahai Allah, milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah yang hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir. Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Nah itulah penjelasan singkat tentang sholat tahajud, semoga bermanfaat untuk sahabat jejaring.

Leave a Reply