goal

Teknik Sepak Bola

Sobat jejaring, siapa diantara sobat yang belum kenal dengan salah satu olahraga ini. Yap, sepak bola. Olahraga yang dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina ini dan mulai terkenal pada tahun 1815. Sepak bola adalah sebuah permainan dua tim yang beranggotakan masing-masing tim 11 orang dan bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik, perlu memperhatikan beberapa teknik dasar sebagai berikut.

1. Shooting

 sepak bola shooting

Gambar 1. Shooting

Karateritik utama dalam sepak bola adalah menendang. Adapun tujuan penting dari menendang bola adalah untuk mengumpan, dan menembak kearah gawang. Menendang bola menggunakan teknik menendang dengan kaki bagian luar, bagian dalam dan punggung kaki. Keterampilan teknik dasar menendang bola bagi seorang pemain bola adalah penting, karena sangat berkaitan dengan tujuan permainan sepak bola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan atau mencetak gol.

2. Sliding

 sepak bola sliding

Gambar 2. Sliding

Sliding adalah merebut bola dari lawan menggunakan kaki dengan cara meluncur dan menjatuhkan badan. Sliding tackle termasuk dalam teknik yang beresiko. Jika dilakukan dengan cara dan timing yang tidak tepat bisa mengakibatkan cidera pada lawan dan dikenai hukuman dari wasit. Saat melakukan sliding, pemain harus menekuk lutut sebagai penopang tubuh disaat pemain meluncur dengan bertumpu pada kaki itu. Saat kaki satunya menyentuh bola, pindahkan berat badan ke kaki yang melakukan serobotan. Biasanya gerakan ini langsung bisa merebut bola. Jika gagal, coba lakukan secara rutin dan bertahap. Timing sangat penting dalam melakukan sliding.

3. Heading

 sepak bola heading

Gambar 3. Heading

Heading adalah menanduk/menyundul bola dengan kepala atau dalam bahasa Inggris disebut heading ball. Dalam permainan sepak bola, sundulan yang terarah sangat bermanfaat untuk mengawali serangan efektif, atau bahkan bisa menghasilkan gol. Heading ada dua macam yaitu heading dengan cara meloncat ke atas untuk menanduk bola dan drive heading adalah terjun ke bawah untuk menanduk bola. Jadi dengan beberapa teknik heading tersebut, nantinya para pemain akan dapat memberikan hasil yang terbaik karena bisa menciptakan peluang untuk bisa mencetak gol.

4. Dribble

 sepak bola dribble

Gambar 4. Dribble

Pada dasarnya mengiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang digunakan untuk menggiring bola sama dengan bagian kaki yang digunakan. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak sasaran, melewati lawan dan menghambat permainan.

5. Passing

 sepak bola passing

Gambar 5. Passing

Passing adalah teknik mengumpan atau memberikan bola kepada teman. Passing dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki. Passing adalah teknik paling penting dalam sebuah permainan sepak bola karena dengan passing kekompakan tim bisa terjalin.

Nah sobat jejaring, itu tadi ulasan tentang dasar-dasar teknik dalam sepak bola. Semoga bermanfaat bagi sahabat jejaring semua…

 

 

One comment on “Teknik Sepak Bola

Leave a Reply