not responding window

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Hai sahabat jejaring. Pasti kalian bingungkan bagaimana agar LAPTOPnya awet. Pasti kalian semua tidak inginkan laptop kesayangannya cepet rusak, tenang saja saya punya beberapa tips agar laptopnya menjadi awet dan tahan lama. Selamat membaca !!
laptop

Masalah yang sering di alami laptop
1. Laptop cepat panas.
Laptop cepat panas mungkin itu disebabkan oleh kipas yang di dalam laptop tidak berputar cepat. Untuk antisipasinya diciptakanlah pasangannya yaitu fan atau kipas processor. Atau masalah yang lain itu adalah jalur pembuangan udara terhambat. Solusinya adalah bersihkanlah saluran pembuangan udara beberapa bulan sekali.
telur di atas laptop

2. Sering hang atau blank.
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kejadian ini. Misal saja karena RAM yang kotor, HDD (Hard Disk Drive) yang bad sector atau memang prosesor terlalu panas yang dikenal dengan laptop mengalami over heat. Penyebab utama biasanya adalah karena RAM dan processor yang tidak beres. Antisipasi yang dapat dipilih adalah rutin untuk membawa laptop ke bengkel atau service center untuk dicek kesehatannya.

3. Lola (loading lambat) atau sering not responding.
Masalah ini biasanya HDD (Hard Disk Drive) sudah bad sector. Saran saya jika anda mengalami masalah yang sama sebaiknya ganti HDD anda sebelum data yang terdapat di dalamnya hilang karena HDD mati total. Namun jika hanya booting yang lama bisa baca cara mengatasi booting lama siapa tahu bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.
dialog windows not responding

4. Laptop nyala lalu mati lagi.
Masalah ini biasanya terjadi pada BIOSnya. Jadi saran saya reset BIOSnya.

5. LCD atau LED retak.
Bagi laptop yang pernah jatuh mungkin layarnya pecah, tinggal setengah atau bergaris. Jika masalah seperti ini hanya bisa di atasi dengan mengganti layar LCD atau LED.
led lcd rusak

6. Keyboard error.
Ini adalah masalah kecil yang menyerang laptop atau notebook. Ada saja tombol yang tidak mau berfungsi dan macet. Biasanya karet pada keyboard itu sudah usang atau sudah loyo. Saran saya adalah ganti karet pada laptop atau ganti keyboard laptop (jika keyboardnya bisa dilepas).

7. System rusak.
Masalah ini biasanya terjadi pada software yang kita install. Permasalahan yang kerap menyebabkan laptop harus diflash ulang atau di-inul (Install Ulang) adalah karena virus. Ada berbagai jenis virus yang kerap membuat Windows jadi error. Ada virus lnk, shorcut dan lain lain. Namun selain mengganti OS ada cara lain untuk memperbaikinya selengkapnya ada cara membersihkan virus laptop.

Agar Laptop Awet
1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur.
Ini dia kebisaan yang tanpa disadari dapat membuat laptop cepat rusak, usahakan semaksimal mungkin tidak mengunakannya saat laptop berada di atas kasur, kenapa? Karena kasur atau bahan lembut dan empuk lainnya bersifat untuk menyerap panas, bukan membuang hawa panas. Sedangkan pada saat laptop menyala, laptop terus mengeluarkan hawa panas, sehingga panas tersebut akan diserap oleh kasur yang diatasnya tepat ada laptop. Sehingga hal ini tentunya dapat membahayakan laptop Anda. Dan biasanya di kasur itu terdapat debu. Jika di biarkan saja debu tersebut bisa masuk ke dalam laptop dan akan merusak hardware bagian dalam laptop.
dont lay on bed

2. Jangan menaruh benda di atas laptop.
Jangan pernah sekalipun menaruh benda berat atau ringan di atas laptop. Karena hal itu dapat membuat LCD atau LED laptop menjadi rusak. Tanda-tanda rusaknya LCD awalnya dari munculnya garis-garis seperti pada TV, hingga bila LCD sudah rusak parah maka akan mati total. Jadi perhatikan laptop anda apakah sekarang tertindih suatu barang yang berat.
jangan letakkan benda

3. Mencharge saat laptop menyala.
Jika laptop anda keluaran tahun 2005 kebawah tentu hal ini sangat berbahaya. Karena itu bisa membuat baterai laptop anda melembung dan akan ngedrop. Jika laptop anda keluaran tahun 2005 ke atas itu bukanah masalah. Karena laptop keluaran tahun tersebut baterainya sudah diganti agar bisa digunakan sambil mencharge.

4. Membersihkan debu.
Mungkin ini kegiatan yang sederhana. Tetapi jika dibiarkan terus menerus dapat membuat laptop rusak. Biasakanlah beberapa bulan sekali untuk membersihkan debu di saluran pembuangan udara. Karena jika saluran pembuangan udara tersumbat dapat membuat laptop mati total.
bersihkan fan

5. Jangan menggunakan laptop di suhu panas.
Mengoperasikan komputer di dalam suhu ruangan yang sangat panas dapat merusak komponen-komponen laptop. Bila tetap ingin mengunaakn latop di dalam suhu ruangan yang panas, maka gunakanlah kipas pendingin (cooling pad).

6. Jauhkan benda-benda magnet.
Jangan pernah menaruh benda yang mempunyai daya magnet di dekat laptop. Karena dapat mengganggu kinerja hardware laptop tersebut.

7. Mengatur tingkat kecerahan layar.
Dengan mengatur tingkat kecerahan agar sedikit redup dapat membuat tenaga dari baterai lebih berkurang. Dengan begitu baterai akan mempunyai daya tahan yang lama.

Itulah beberapa tips dari saya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

8 comments on “Tips Merawat Laptop Agar Awet

Leave a Reply