datang awal ke sekolah

Tips Persiapan Kembali ke Sekolah

Hai sobat jejaring, bagaimana liburan dua minggu kemarin? Pastinya menyenangkan bukan. Banyak cerita seru dan asyik yang telah kalian alami selama liburan. Ada yang ke gunung, pantai, tempat wisata, tempat bersejarah, tempat belanja, ke rumah keluarga di luar kota, dan lain-lain tempat menyenangkan yang lebih kalian pilih.

Oh iya, tapi jangan lupa hari ini adalah minggu pertama masuk kembali ke sekolah. Persiapan apa saja yang sudah kalian lakukan? Sudah menyiapkan buku, LKS, jadwal, kontak teman, atau mungkin diantara kalian ada yang bingung apa yang perlu disiapkan? Nah, artikel berikut ini akan membantu kalian untuk menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan datangnya kegiatan belajar kembali ke sekolah.

1. Seragam.

Siapkan seragam kalian. Periksa semua kelengkapannya. Dasi, topi, kaus kaki, tali sepatu, baju atasan dan bawahannya. Apa sudah lengkap? Cobalah mencermati dan menilai beberapa hal dengan seksama. Luangkan waktu sejenak, apa yang kurang? Segera lengkapi bila ada. Singkirkan bagian-bagian yang tidak akan kalian pakai atau tidak akan pernah kalian pakai lagi, apa pun yang usang atau apa pun yang terlalu kecil. Rencanakan seragam kalian yang akan dipakai selama seminggu pertama sekolah. Melakukan hal ini akan mengurangi stres minggu pertama di sekolah. 

seragam sekolah sma

2. Istirahat cukup.

Istirahat yang cukup dengan minimal 8 jam tidur. Seorang remaja rata-rata harus memiliki dan membutuhkan minimal delapan jam tidur. Jadi jika kalian bangun jam lima, maka kalian harus pergi tidur pukul sembilan. Nah, untuk membantu hal tersebut mulai dengan mematikan TV lebih awal, mengosongkan pikiran kalian sebanyak mungkin dan menutup mata Anda.

tidur lebih awal

3. Sarapan.

Pastikan Anda sarapan di pagi hari. Hal ini penting. Jangan pergi sekolah sebelum sarapan. Energi untuk berpikir, berjalan, berlari, naik tangga sekolah, membutuhkan energi lebih banyak. Tapi juga jangan terlalu kenyang, karena lambung kalian akan bekerja lebih keras untuk menghancurkan makanan sementara kalian harus berpikir, ini bisa memicu pusing kepala.

jangan lupa sarapan
 4. Datang lebih awal.

Cobalah untuk sampai ke sekolah lebih awal. Dengan cara ini kalian dapat bergabung kembali dengan semua teman dan tidak membuat kesan pertama yang buruk pada guru baru. Jika kalian naik angkot, pastikan untuk lebih awal di halte. Kalian tidak ingin ketinggalan bukan. Jika Anda cukup dekat dengan sekolah maka memilih untuk jalan kaki adalah hal yang terbaik, maka pastikan kalian datang lebih awal.

datang awal ke sekolah
5. Jadwal pelajaran.

Catat semua jadwal pelajaran yang baru diumumkan dengan cermat. Senin sampai dengan Sabtu. Lengkap. Buatlah beberapa ketrampilan dengan pensil, kertas warna, lem, dan gunting. Tempel di kamar kalian. Agar terlihat setiap kali tempatkan di posisi yang strategis.

catat jadwal pelajaran 
6. Ekstrakurikuler.

Bergabung dengan sebuah klub olahraga atau ekstrakurikuler yang lebih kalian minati. Langkah ini adalah cara yang bagus untuk bertemu dengan lebih banyak teman yang lebih cenderung mengembangkan persahabatan dan berbagi dengan mereka. Jika kalian memilih olahraga, ingat bahwa sikap dan perilaku mempengaruhi nilai posisi kalian di dalam tim, kesehatan mempengaruhi kinerja juga.

ekstrakurikuler 7. Les di luar sekolah.

Hargai waktu untuk belajar kalian. Selalu belajar untuk menghadapi ulangan atau ujian yang dilaksanakan sewaktu-waktu. Jika kalian mengalami kesulitan dalam pelajaran, beritahu orang tua dan guru. Menambah aktivitas di luar sekolah (les) juga sangat penting untuk meningkatkan prestasi yang mungkin kurang di semester kemarin. Pastikan bahwa kalian juga menyelesaikan pekerjaan rumah setiap kali memilikinya dan lebih siap untuk menghadapi tes.

les privat

Leave a Reply