manfaat berwudhu

Tips Sehat ala Umat Muslim

Hai sahabat jejaring, artikel kali ini agak religius, yaitu tentang kesehatan secara Islami. Semaoga bermanfaat ya. Di sini saya akan membagi kesehataan untuk anda semua yang umat muslim yang mau sehat.

Pertama yang harus anda lakukan adalah wudhu.

Maanfaat wudhu secara umum.
Kulit merupakan organ yang terbesar tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi (tempat pembuangan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori) dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsang nyeri, panas, sentuhan secara tekanan. Begitu besar fungsi kulit maka kestabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. Bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit.

manfaat berwudhu

Kalau kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama mudah terinfeksi kuman. Dengan bersuci berarti terjadinya proses peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir, dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar (pori kulit, rongga mulut, hidung, telinga). Seperti kita ketahui kulit merupakan tempat berkembangnya banya kuman dan flora normal, diantaranya Staphylococcus epidermis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Mycobacterium sp (penyakit TBC kulit). Begitu juga dengan rongga hidung terdapat kuman Streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru), Neisseria sp, Hemophilus sp.

Kegunaan berkumur-kumur.
Berkumur-kumur berarti membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit. Sisa makanan sering mengendap atau tersangkut di antara sela gigi yang jika tidak dibersihkan (dengan berkumur-kumur atau menggosok gigi) akhirnya akan menjadi mediasi pertumbuhan kuman. Dengan berkumur-kumur secara benar dan dilakukan lima kali sehari berarti tanpa kita sadari dapat mencegah dari infeksi gigi dan mulut.

kegunaan berkumur

Penelitian modern membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Berkumur juga dapat menjaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi setelah makan. Manfaat berkumur lainnya yang juga penting adalah menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh pakar dalam bidang olahraga, karena berkumur jika dilakukan dengan menggerakkan otot-otot wajah dengan baik dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.

Menjauhi larangan umat islam untuk kesehataan.
1. Dilarang makan berlebihan
Dalam Al-Quran surat Al-A’raf:31 Allah Subhanallahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya “…makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. 7:31).
Dan di dalam surat Thaha ayat 81, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Makanlah di antara rezki yang baik yang telah kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barang siapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia. (QS. 20:81)

dilarang makan berlebihan
Akibat makanan yang berlebihan aktifitas lambung dalam mencerna makanan pun akan terganggu. Salah satu akibat yang akan ditimbulkan adalah merasa mual, sehingga makanan yang tadi telah dimakan dapat dimuntahkan kembali. Apabila tidak dimuntahkan maka perut akan terasa sesak.

2. Dilarang minum arak
Allah berfirman, “Mereka bertanya tentang “khamar dan judi, katakanlah, pada keduanya ada bahaya yang besar dan pula manfaat pada manusia, dan bahayanya lebih besar dari manfaatnya.” (QS. Al-Baqarah: 219). Islam mengharamkan untuk meminum arak karena arak (khamer) adalah induk dari semua kejahatan. Minuman arak (khamar) mengandung 10 prilaku tercela.

dilarang minum arak

1. Orang yang minum minuman keras seperti orang gila menjadi bahan tertawaan anak kecil.
2. Minuman keras memboroskan harta dan menghilangkan akal.
3. Minuman keras menyebabkan permusuhan.
4. Orang yang minum minuman keras akan berpaling untuk mengingat Allah SWT. dan shalat

إنمايريدالشيطان أنيوقع بينكم العداوة والبغضآءفى الخمروالميسرويصدكم عن ذكراللّه وعن الصلوة فهل أنتم منتهون .
5. Artinya: dengan minuman keras dan judi itu, syetan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan mendirikan shalat, maka tidakkah kamu mau berhenti?

6. Minuman keras bisa menyebabkan perbuatan zina, bisa menceraikan istri tanpa terasa.
7. Minuman keras kunci dari segala kejahatan (mudah melakukan maksiat).
8. Orang yang meminum minuman keras mengganggu malaikat yang menjaga dirinya. Padahal tidak pantas mengganggu orang lain yang tidak mengganggunya.
9. Pecandu minuman keras hukumnya dicambuk 80 kali dunia akhirat.
10. Peminum minuman keras menutup pintu langit yang tujuh. Karena amal ibadahnya/ kebaikannya tidak diangkat selama 40 hari.

3. Dilarang memakan babi
Kenapa kita dilarang memakan babi karena babi adalah semua asal sumber penyakit  beberapa penyakit yang di miliki babi: Cacing pita (Taenia solium), Cacing spiral (Trichinella spiralis), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing paru (Paragonimus pulmonaris), Cacing usus (Fasciolopsis buski), Cacing Schistosoma (japonicum), Bakteri Tuberculosis (TBC), Bakteri kolera (Salmonella choleraesuis), Bakteri Brucellosis suis, Virus cacar (Small pox), Virus kudis (Scabies), Parasit protozoa Balantidium coli, Parasit protozoa Toxoplasma gondii DNA babi mirip dengan manusia, sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia.

dilarang makan babi

Beberapa sifat buruk babi seperti, binatang paling rakus, kotor, dan jorok di kelasnya. Kemudian kerakusannya tidak tertandingi hewan lain, serta suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri dan kotoran manusia pun dimakannya.

4. Memimum darah
Darah tidak cocok digunakan sebagai produk makanan. Tingkat protein dicerna seperti albumin, globulin dan fibrinogen rendah, hanya 8 gram dalam 100 ml darah. Hal yang sama berlaku untuk lemak. Selain itu, darah mengandung tingkat hemoglobin tinggi, protein kompleks yang sangat sulit dicerna dan tidak dapat diterima ke perut. Ketika bekuan darah, fibrinogen protein menimbulkan piring yang mengandung eritrosit (sel darah merah) dengan berubah menjadi fibrin.

dilarang minum darah

Fibrin adalah salah satu protein yang paling sulit untuk dicerna, sehingga membuat darah lebih sulit untuk dicerna. Kesimpulan para ahli kesehatan sepakat bahwa darah tidak layak untuk konsumsi manusia dalam bentuk apapun meskipun darah ular dapat menyembuhkan penyakit manusia itu tetap di haramkan dalam hukum Islam.

Makanan dan minuman yang di anjurkan oleh Rosul.
1. Kurma
Kurma adalah salah satu buah  yang di angkat tinggi oleh Rosul karena memiliki kandungan makan yang tinggi. Kandungan protein di dalam kurma lebih kurang 1.8 hingga 2.0 peratus, serat 2.0 hingga 4.0 peratus manakala kandungan gulanya 50 hingga 57 peratus glukosa dianjurkan oleh Rosul memakan kurma 7 butir akan terhindar dari santet dan penyakit.

kurma

2. Air zam-zam
Air  zam-zam adalah air yang penuh ke ajaiban yang muncul dari kaki Nabi Ismail A.S atas izin Allah air zam-zam juga banyak sekali membawa manfaat bagi umat muslim. Kelebihan air  zam-zam itu tidak akan pernah kering dan tak pernah habis meskipun sering di pakai oleh berjuta-juta orang di dunia ini yang sering di ambil oleh jemaah haji itu membuktikan bahwa Allah maha sempurna.

sumur zam zam

Leave a Reply