sholat idul fitri di rusia

Tradisi Idul Fitri di Beberapa Negara di Dunia

Sobat jejaring semua, lebaran tinggal beberapa hari lagi. Hari nan fitri akan segera kita hadapi bersama. Hari kemenangan bagi umat Islam akan kita jelang. Hari di mana banyak para orang bersedekah, berbagi dengan yang kurang beruntung, hari yang penuh dengan kasih sayang antar manusia. Hari yang suci setelah genap satu bulan menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana tradisi atau kebiasaan yang ada di daerah kamu? Tentu berbeda-beda setiap daerah bukan? Nah, kali ini jejaring akan menulis beberapa tradisi Idul Fitri yang ada di beberapa negara. Asyik, kan? Bisa untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Barangkali saja suatu saat diantara kalian bisa berada di sana saat Idul Fitri. Ah, jadi lebih spesial deh Idul Fitrinya di luar negeri. Ayok, simak artikel berikut.

1. Arab Saudi

makanan khas arab saudi

Hampir sama seperti di negara kita, masyarakat Arab Saudi dan negara-negara Arab lain juga punya tradisi silaturahmi. Mereka akan berkumpul dengan keluarga dan kerabat dekat, saling bermaaf-maafan setelah sebelumnya mengikuti ibadah salat Ied di masjid-masjid atau tanah lapang terdekat. Setelah makan siang dengan keluarga besar, barulah mereka beranjak mengunjungi tetangga dan sejumlah kerabat.

Setiap rumah biasanya menyiapkan satu meja lengkap dengan makanan ringan, tak lupa juga disediakan kertas dan pena dekat pintu masuk untuk tamu yang tidak bisa bertemu tuan rumah. Para tamu yang tidak bisa bertemu tuan rumah saat berkunjung, mereka akan menaruh bingkisan seperti sekotak permen, kue atau bahkan satu set parfum di atas meja yang sudah disiapkan sambil menuliskan pesan Idul Fitri di kertas yang sudah disediakan. Unik, kan? Bisa dicontoh tuh, kalau tamu kita pas datang banyak dan bersamaan.

2. Turki

bagi-bagi permen di turki

Festival Gula atau Seker Bayram merupakan nama lain yang diberikan untuk merayakan Idul Fitri di Turki. Kemungkinan sebutan ini muncul karena tradisi mereka saling mengantarkan manisan pada Hari Raya Idul Fitri.

Seperti tradisi sungkeman di negara kita, anak-anak di sana juga bersalaman dan sembah sujud kepada orang tua. Saling mendoakan antara anak-anak dan begitu juga para orang tua. Kemudian orang tua membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang. Setelah itu, anak-anak pun mendapatkan hadiah berupa uang koin, permen, atau manisan. Wah, seru ya.

3. India

siwaiyaan khas india

Pemeluk Islam di India biasanya akan berkumpul di Jama Masjid yang terletak di New Delhi untuk melakukan salat Id. Masjid ini menjadi pusat perayaan Idul Fitri di New Delhi, ibu kota India. Mereka juga menyiapkan hidangan khusus yang disebut dengan siwaiyaan, yakni campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Siwaiyaan hadir dalam beragam bentuk dan warna.

4. Cina

muslim di cina

Pesta makan diisi dengan masak besar untuk seluruh jamaah yang hadir diikuti dengan makan bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan saling mengunjungi kerabat dan silaturahmi. Mengunjungi makam leluhur, membersihkan, dan mempersembahkan doa adalah tradisi umat muslim di sana.

Tradisi doa ini pun dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Lebaran ditetapkan sebagai hari libur, dan saat itu kaum pria mengenakan jas khas dan kopiah putih. Sedangkan para wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

5. Rusia

sholat idul fitri di rusia

Uraza Bayram adalah istilah lain Idul Fitri di Rusia. Atau dikenal sebagai hari dimana akhir dari puasa Ramadhan.  Shalat Idul Fitri berlangsung di empat masjid ibukota, serta di beberapa stadion dan taman. Seperti halnya di Indonesia, umat muslim Rusia memulai Hari Idul Fitri dengan pergi menuju ke masjid untuk shalat berjamaah dan mendengarkan khutbah Idul Fitri. Setelah itu, dimulailah perayaan Idul Fitri tradisional khas keluarga.

Warga Rusia juga bersuka cita di hari raya dengan berkumpul bersama sanak saudara, makan beragam makanan khas, dan dilanjutkan dengan mengunjungi kerabat pada sore dan malam harinya.

Leave a Reply