benda sederhana jarum

Tujuh Benda Sederhana Tapi Sangat Berguna

Halo sobat jejaring semua…… pada kesempatan ini saya akan membahas tentang benda yang begitu sederhana tetapi sangat berguna, banyak benda yang dianggap biasa tetapi manfaatnya sangat besar dalam kehidupan ini.

1. Sisir

Sisir adalah sebuah benda yang digunakan untuk menata rambut atau serat lainnya. Sisir sudah ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu di Persia.

benda sederhana sisir

2. Tusuk Gigi

Benda yang terbuat dari kayu atau plastik ini berfungsi untuk menyingkirkan noda di sela-sela gigi. Tusuk gigi telah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu, pada abad ke-17 tusuk gigi menjadi benda yang berharga setara dengan perhiasan permata karena dibuat dari logam mulia dan dihiasi dengan batu-batu berharga. Nah, sampai sejauh itu kan sebuah tusuk gigi. 🙂

 benda sederhana tusuk gigi

3. Kancing

Benda mungil ini berfungsi untuk menyatukan dua helai kain yang bertumpukan juga bisa digunakan sebagai ornamen. Kancing pertama kali dikenal di Jerman pada abad ke-13, pada abad ke-17 pakaian berkancing hanya dimiliki oleh orang-orang kaya.

 benda sederhana kancing

4.  Sedotan

Sedotan merupakan alat yang digunakan untuk mentransfer air yang ada digelas menuju mulut kita. Sedotan pertama kali dibuat oleh Sumeria untuk minum bir. Minum dengan menggunakan sedotan dapat mengurangi kerusakan gigi dan mengurangi resiko gigi berlubang.

 benda sederhana sedotan

5. Jarum

Jarum adalah alat yang digunakan untuk menjahit atau untuk keperluan lainnya. Pada zaman kuno jarum terbuat dari tulang hewan atau kayu, benda ini digunakan sejak 6000 tahun sebelum masehi.

 benda sederhana jarum

6. Peniti

Peniti adalah benda seperti jarum hanya saja peniti dilengkapi dengan mekanisme pegas sederhana dan cantelan. Benda ini berasal dari mycenaeans sejak abad ke-14 sebelum masehi, lalu benda ini diciptakan kembali pada Juli 1849 oleh Walter Hunt seorang penemu asal Amerika.

 benda sederhana peniti

7. Karet Gelang

Karet gelang digunakan untuk mengikat barang, benda ini terbuat dari karet alami sehingga berwarna kuning. Karet gelang ditemukan di London pada tanggal 17 Mei 1845 oleh seorang penemu dan pengusaha karet Vulkanisir.

 benda sederhana karet gelang

One comment on “Tujuh Benda Sederhana Tapi Sangat Berguna

Leave a Reply