waduk darma kuningan

Tujuh Waduk Mistis di Indonesia

Haii.. sahabat jejaring semua, waduk adalah danau buatan atau pembendungan sungai yang bertujuan untuk menampung air. Namun ada banyak waduk yang menyimpan cerita misteri, pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa waduk dengan cerita mistisnya.

1. Waduk Sermo

waduk sermoWaduk ini terletak di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Waduk Sermo apabila dilihat dari pesawat dan dari arah utara berbentuk mirip manusia. Pada 2008 ada dua bocah yang tidak bisa berenang tiba-tiba menggunakan perahu menuju tengah laut, perahu tersebut terbalik dan kedua bocah tewas. Di waduk ini juga terdapat ikan setan merah yang mendominasi waduk dan gemar memakan ikan-ikan lain.

2. Waduk Pluit

waduk pluitWaduk Pluit terletak di DKI Jakarta, waduk ini menyimpan cerita mistis di tempat itu sering menampakan diri wanita memakai baju putih dengan mengendarai kereta kencana yang disebut dengan Gangga Sri. Pada tahun 1987 alat pengeruk tiba-tiba turun dan operatornya belum ditemukan sampai sekarang. Di tempat ini juga sering terdengar anak kecil sedang bermain air pada malam hari.

3. Waduk Cacaban

waduk cacabanWaduk ini terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejak tahun 2002 warga melakukan ritual mengarak sepotong kepala kerbau dan menenggelamkannya agar pengunggu yang disebut Mbah Santi dan Brahma Sumandra tidak meminta tumbal manusia. Sebelum tahun 2002 ada beberapa orang tidak sengaja masuk waduk tanpa membayar retribusi dan akhirnya meninggal dunia.

4. Waduk Darma Kuningan

waduk darma kuninganWaduk ini berada di tepi jalan raya Majalengka-Kuningan sebagai objek wisata, namun waduk ini juga memiliki cerita mistis. Menurut warga setempat setiap tahun selalu ada orang mati karena bunuh diri. Pada tahun 1970-an sepasang kekasih hilang secara misterius disekitar waduk.

5. Waduk Malahayu

waduk malahayuWaduk Malahayu merupakan bendungan peninggalan penjajahan Belanda yang terletak di daerah Kabupaten Brebes, Banjarhajo.  Waduk ini ditunggui oleh ular besar yang diberi nama Untung. Ular ini dulu ditemukan oleh seorang petani yang tidak sengaja mencangkul ular tersebut hingga putus, karena kasihan ular tersebut dipelihara hingga rumah petani tersebut tidak cukup karena ular tersebut bertambah besar kemudian ular tersebut dilepaskan di waduk.

6. Waduk Setupatok

waduk setupatokDanau ini berada di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Waduk ini sangat berbahaya jika air meluap dan telah banyak memakan korban jiwa setiap tahunnya. Sejarahnya dulu Ki Buyut Entol berhasil membendung luapan air saat waduk jebol dan ia mengetahui adanya kiriman belut putih yang sengaja dikirim untuk merusak bendungan waduk. Ki Buyut Entol mengeluarkan sesumbar yang isinya Waduk Setupatok tidak akan ramah pada orang-orang dan keturunan orang yang mengirimkan belut putih tersebut.

7. Waduk Jatiluhur

waduk jatiluhurWaduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Keramba-keramba ikan dan rumah-rumah yang mengapung menjadi daya tarik tempat ini, waduk ini memiliki air yang tenang namun telah meregang banyak nyawa. Itulah beberapa waduk yang berbau mistis di Indonesia, semoga bermanfaat.

2 comments on “Tujuh Waduk Mistis di Indonesia

Leave a Reply