tumbuhan langka anggrek hitam

Tumbuhan Langka Indonesia

Hai kawan jejaring saya akan memperkenalkan tentang tumbuhan yang menjadi langka di Indonesia.

1.       Raflesia Arnoldi

tumbuhan langka raflesia arnoldi

Raflesia adalah tanaman asli Indonesia yang mulai jarang ditemukan di hutan-hutan Indonesia. Menyusutnya habitat bunga tersebut diantaranya disebabkan kegiatan manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, maupun pemukiman. Tanaman ini hidup di Taman Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter.

 2.       Kantong semar

tumbuhan langka kantung semar

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. Walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam. Populasinya kini diperkirakan terus menurun akibat penjarahan liar tercatat  hasil pendataan terakhir dilaporkan bahwa populasi Nepenthes tinggal sekira 2.600 pohon.

3.       Anggrek Larat

tumbuhan langka anggrek larat

Anggrek Larat merupakan salah satu anggrek langka dari Maluku. Anggrek ini pernah menjadi anggrek yang sangat digemari oleh pecinta anggrek disamping Anggrek Bulan. Oleh karena itu pada saat ini banyak sekali ditemukan Anggrek Hibrida komersial Dendrobium yang merupakan hasil persilangan dari anggrek spesies (anggrek alami) jenis ini. Mungkin hal inilah yang menjadi penyebab kelangkaan dan kepunahan bunga Anggrek Larat di habitat aslinya.

4.       Angrek Hitam

tumbuhan langka anggrak hitam

Angrek Hitam adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek Hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli Anggrek Hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan. Namun masih bisa ditemukan di Cagar Alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit.

 5.       Bantal Sulam (palaquium walsurifolium)

tumbuhan langka bantal sulam

Nama ilmiah Bantal Sulam adalah palaquium walsurifolium. Tanaman Bantal Sulam dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 45 meter dengan diamater batangnya sampai 45 sentimeter. Biasanya tumbuh di rawa gambut atau kawasan dengan ketinggian sekitar 1000m di atas permukaan laut.

 6.       Bayur (pterosperium Javanicum Jungh)

tumbuhan langka bayur

Diameter batang mencapai 54 cm dengan tinggi pohon sampai 59 m. Tumbuh pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut di daerah pegunungan, kadang ditemukan juga di daerah berbatu gamping biasanya dipakai untuk konstruksi bangunan rumah ataupun furniture. Tersebar di Kalimantan Timur, Sabah, Serawak dan India.

 7.       Cendana

tumbuhan langka cendana

Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.

8.       Damar

tumbuhan langka damar

Tanaman langka ini berasal dari Papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2 m.

 9.       Tembesu

tumbuhan langka tembesu

Tembesu (Fagraea fragrans) termasuk ke dalam famili Loganiaceae. Daerah penyebarannya Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku, dan Irian Jaya. Tempat tumbuh pada tanah datar dan sarang atau tempat yang tidak becek, tanah liat berpasir, dengan type curah hujan A sampai B pada ketinggian 0–500 dpl.

 10.   Mimba

tumbuhan langka mimba

Mimba (Azadirachta indica). Tanaman langka ini mempunyai nama lain Mimbo atau Mimba. Tanaman langka ini merupakan pohon yang tinggi (Arbor) batangnya dapat mencapai 20 m bahkan lebih. Kulit batangnya tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm.

One comment on “Tumbuhan Langka Indonesia

Leave a Reply