images

Tutorial Pembuatan Anti Petir Sederhana

Penangkal petir, anti-petir, atau lightning arrester merupakan alat yang digunakan untuk meminimalkan efek dari petir terhadap bangunan atau struktur beserta perangkat dan semua orang yang ada disekitarnya. Hanya saja tolong diingat, bahwa anti-petir itu hanya meminimalkan bukan menghilangkan. Dan tingkat keberhasilan tentunya sangat tergantung dari desain dan teknologi yang digunakan. dan jangan lupa yang terpenting, doa kepada Tuhan agar terhindar dari petir.

Petir rata-rata menghantarkan arus sekitar 300.000 Ampere dan energi sebesar 5 miliar Joule dengan tegangan mencapai 1 terrawatt (10 pangkat 12 W). Dengan tenaga sebesari itu, kita dapat menghidupkan lampu pada perumahan tipe 45 lebih dari 1 milyar unit.

Dengan tenaga sebesar itu, bangunan, struktur, vegetasi atau apa saja dapat rusak cukup dengan sekali hantam. Karena itu, beberapa upaya tentunya wajib kita lakukan untuk melindungi investasi dan orang-orang tersayang kita. Sayangnya mindset kita sering meremehkan fenomena alam ini. Kita menganggap enteng bahaya dari sambaran petir. Sebagai gambaran, menurut sumber yang tidak bisa dipercaya kemungkinan kita tersambar petir adalah 576.000 : 1, lebih tinggi dari kemungkinan kita terbunuh karena teroris yang mempunyai rasio 650.000 : 1.

Nah, cara membuat anti-petir sebenarnya cukup sederhana dan anda dapat melakukannya sendiri. Tentunya Anti-petir ini akan berbeda dengan kebanyakan anti petir yang saat ini banyak dipasang di rumah-rumah bahkan beberapa tower. Karena saya menilai pemasangan mereka ngawur dan sama sekali tidak akan dapat memberikan perlindungan dan justru akan mengundang bahaya.

Komponen utama dari anti-petir adalah lightning arrester unit yang berada di atas struktur dan grounding yang tertanam di dalam tanah. Untuk bahan yang anda perlukan adalah:

1. Speed (lightning rod), besi pucuk dari penangkal petir. Biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan. Beberapa jenis yang lebih murah terbuat dari Besi. Untuk lebih meningkatkan kemampuannya, biasanya saya melapisi kembali speed dengan timah. Karena titik didih timah cukup rendah, anda dapat mencairkan sendiri dan melapisi speed dengan cara mencelupkannya ke cairan timah atau dengan cara mengkuaskan cairan timah ke speed. Speed berbahan tembaga dapat anda peroleh di toko bangunan dengan harga sekitar 100 hingga 200 ribu.

2. Kabel, ini yang akan menghubungkan speed dengan tanah. Umumnya memakai kabel BC atai kabel besi yang tanpa menggunakan jacket. Saya tidak menyarankan hal ini, lebih baik anda menggunakan kabel NYY 1 core dengan diameter 25-50mm. Kabel dengan diameter kurang dari 25mm dikhawatirkan tidak akan mampu menyalurkan energi dari petir saat menyambar. Untuk harga dari kabel NYY 1x25mm ini berkisar sekitar 45ribu/meter.

3. Strep Plat, digunakan untuk menempelkan kabel ke badan struktur. Untuk strep plat ini anda dapat membuat sendiri dari bahan seng, dengan catatan pada saat pemasangan harus melapisi strep plat dengan karet. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kontak antara strep plat dengan struktur yang memungkinkan dia menjadi konduktor.

Untuk pemasangannya anda dapat memeriksa pada skema dibawah ini.

Sebagai catatan. Anda dapat membayangkan penangkal petir sebagai sebuah payung. Dan penangkal petir ini akan melindungi semua yang ada dibawah jangkau payungnya. Secara alamiah, Anti-petir ini mempunyai sudut aman atau degree of protection pada area sekitar 120 derajat.

Hal ini berarti bahwa jika sebuah object berada di daerah lingkaran payung yang bersudut 120 derajat ini, maka dia akan terlindungi oleh penangkal petir.

Oleh karena itu, jika anda memasang penangkal petir ini pada sebuah tower, perhatikan peletakan antena di ujung tower, apakah antena sudah masuk area perlindungan anti-petir. Begitu juga yang kurang diperhatikan pada antena yang menggunakan kabel sling sebagai penguat, semacam tower single pole atau triangle. Terkadang kabel penguat di pasang melebar hingga keluar dari zona aman.

Foto dibawah adalah tower milik sebuah stasiun TV swasta di jakarta barat dengan tinggi hampir 400m. Kabel penguat tower di kaitkan pada beberapa tower lain yang berada di samping tower utama. Hal ini dimaksudkan agar kabel-kabel penguat itu masih masuk di dalam area aman perlindungan penangkal petir yang terletak di ujung antena.

Jika penangkal petir sudah terpasang dengan bagus, maka untuk tahap berikutnya adalah pemasangan grounding dan test kualitas dari sistem penangkal petir anda secara menyeluruh. Kami akan membahasnya pada artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat.

6 comments on “Tutorial Pembuatan Anti Petir Sederhana

Leave a Reply